Sunardi, Sunardi (2013) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap kinerja Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri di Kecamatan Singosari Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala sekolah merupakan center leader yang memanage aktivitas program kerja sekolah menjadi terarah, terfokus dan mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, kepala sekolah berperan penting bagi peningkatan kinerja pembelajaran guru untuk lebih semangat dan professional dalam mengajar mengembangkan diri dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik. Kepala sekolah yang efektif memfokuskan kegiatan pada pengajaran dan peningkatan kinerja guru. Ada banyak faktor yang mengakibatkan kinerja mengajar guru masih cenderung rendah, diantaranya bisa saja terjadi karena kurangnya proses pengawasan atau supervisi akademik dari kepala sekolah, dan juga kurangnya motivasi yang dimiliki para guru dalam menjalankan tugasnya. Guru yang mempunyai tingkat motivasi yang rendah mereka tidak dapat menyelesaikan tugas pekerjaan yang diberikan kepadanya dengan hasil yang baik, sehingga keadaan ini akan menimbulkan hambatan dalam pencapaian hasil pekerjaan atau akan mempengaruhi efektivitas kerja guru. Oleh karena itu tugas kepala sekolah selaku manager adalah melakukan penilaian terhadap kinerja guru. Penilaian ini penting karena hasil penilaian kinerja guru diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1). Menjelaskan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Singosari Malang. (2). Menjelaskan pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Singosari Malang. (3). Menjelaskan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Singosari Malang.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi terkait dengan data kinerja pembelajaran guru yang diperoleh dari hasil penilaian yang dilakukan oleh kepala sekolah dan teknik kuesioner untuk mengumpulkan data tentang supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda baik secara parsial maupun simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Singosari Malang dengan nilai signifikansi t-test 0,000 (< 0.05). Nilai (R2) atau nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh adalah 29,3% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X1 memiliki pengaruh kontribusi sebesar 29,3% terhadap variabel Y dan 70,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X1. (2) Ada pengaruh positif signifikansi motivasi kerja guru terhadap kinerja pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Singosari Malang dengan nilai signifikansi t-test 0,005 (< 0,05) dan Nilai R2 atau nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh adalah 16,4% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X2 memiliki pengaruh kontribusi sebesar 16,4% terhadap variabel Y dan 83,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel X2. (3) Ada pengaruh positif signifikansi secara simultan supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Singosari Malang, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis uji F dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,01). Besar R square (R2) adalah sebesar 0,365 yang dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X1 dan X2 memiliki pengaruh kontribusi sebesar 36,5% terhadap variabel Y dan 63,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel tersebut.
ABSTRACT
The school principal is a center leader who manage school work program activities be directed, focused, and experienced a significant improvement. Therefore, the principal plays an important role for the improvement of teachers' instructional performance and professional spirit to further develop themselves in teaching in transferring knowledge to students. Effective principals focus on teaching activities and improved teacher performance. There are many factors that lead to teachers teaching performance is likely to be low, such as might occur due to the lack of supervision or academic supervision of the principal, and also the lack of motivation of the teachers in carrying out their duties. Teachers who have a low level of motivation they can not complete the job duties assigned to him by the good results, so that this situation will cause a bottleneck in achieving outcomes will affect the effectiveness of the work or the work of teachers. Hence the principal task as manager is to assess the performance of teachers. This assessment is important because the results of the performance appraisal of teachers is expected to be useful for determining the various policies related to enhancing the competence and professionalism of teachers as spearheading the implementation of the educational process in creating intelligent beings, comprehensive, and highly competitive.
This study aims to (1). Explain the influence of the principal academic supervision on the performance of learning Islamic Education Teachers in Public Elementary Schools Singosari Malang. (2). Explain the influence of teachers' work motivation on the performance of learning Islamic Education Teachers in Public Elementary Schools Singosari Malang. (3). Explain the influence of the principal academic supervision and motivation of teachers to the learning performance of Islamic Education Teachers in Public Elementary Schools Singosari Malang.
This study was designed to use a quantitative approach correlational manifold. Collecting data using techniques documentation related to teacher learning performance data obtained from the assessment conducted by the principals and techniques of the questionnaire to collect data on the principal academic supervision and motivation of teachers. Data were analyzed using descriptive statistics and multiple linear regression analysis techniques either partially or simultaneously.
The results showed that (1) There is a significant positive effect on academic supervision principal teaching performance of teachers of Islamic education in the public elementary school districts Singosari Malang with a significance value of 0.000 t-test (<0:05).Value (R2) or the coefficient of determination obtained was 29.3%, which can be interpreted that the X1 has the effect of independent variables accounted for 29.3% of the variable Y, and 70.7% are influenced by factors other than the variable X1. (2) There is a significant positive effect on the performance of work motivation of teachers of Islamic education teachers teaching elementary school in the district of Malang Singosari with t-test significance value of 0.005 (<0.05) and the R2 value or the value of the coefficient of determination obtained is 16.4% which can be interpreted that the independent variable X2 has the effect of a contribution of 16.4% to 83.6% variable Y and the other is influenced by factors other than the variable X2. (3) There is a significant positive influence simultaneously the principal academic supervision and motivation of teachers to teaching performance of teachers of Islamic education in the public elementary school districts Singosari Malang, it is shown from the analysis of the F test with a significance value of 0.000 (<0.01). R large square (R2) is equal to 0.365 which can be interpreted that the independent variables X1 and X2 have the effect of a contribution of 36.5% to 63.5% variable Y and the other is influenced by factors other than the variable.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Supervisi Akademik Kepala Sekolah; Motivasi Kerja Guru; Kinerja Pembelajaran Guru Academic Supervising Principal; Teacher Work Motivation; Performance Learning Teacher |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50922 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |