Kholivah, Dewi (2013) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah untuk meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam: Studi kasus di MI Hidayatul Muttaqin Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710049.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala madrasah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kegiatan pembelajaran di madrasah serta mempunyai peranan yang sangat penting terhadap perkembangan dan kemajuan madrasah. Oleh karena itu ia harus melaksanakan supervisi secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi serta teknik dan pendekatan yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan komponen kinerja guru Pendidikan Agama Islam MI Hidayatul Muttaqin Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang yang disupervisi oleh kepala Madrasah. (2) mendeskripsikan strategi supervisi akademik kepala MI Hidayatul Muttaqin Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. (3) mendeskripsikan evaluasi supervisi akademik kepala MI Hidayatul Muttaqin Kecamatan Wajak Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan data atau verifikasi (consclution drawing & verifying).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komponen kinerja guru Pendidikan Agama Islam MI Hidayatul Muttaqin Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang yang disupervisi oleh Kepala Madrasah: (a) kemampuan merencanakan pembelajaran, (b) kemampuan proses belajar mengajar, (c) kemampuan evaluasi pembelajaran. (2) strategi kepala MI Hidayatul Muttaqin Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam: Dalam melakukan proses supervisi kepala madrasah mengkolaborasikan antara teknik kelompok dengan teknik individu yang telah diterapkan di MI Hidayatul Muttaqin Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. (3) tindak lanjut supervisi akademik kepala MI Hidayatul Muttaqin Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam: (a) memberikan balikan tentang perencanaan pembelajaran yang direncanakan, pelaksanakan pembelajaran, pembuatan evaluasi pembelajaran. (b) kepala Madrasah memberikan kesempatan kepada guru Pendidikan Agama Islam mengikuti pelatihan pembuatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pembuatan evaluasi pembelajaran.
ABSTRACT
The academic supervision focused to the giving helped to the religi teachers at the learning in class.
This study aims to (1) describe the elements of performance of Islamic education teachers at MI Hidayatul Muttaqin Blayu Wajak of Malang were supervised by the head of the school. (2) describe the academic supervision strategies of the head of the school of MI Hidayatul Muttaqin Blayu Wajak of Malang in improving the performance of Islamic education teachers. (3) describe the evaluation of the academic supervision of the head of the school of MI Hidayatul Muttaqin Wajak of Malang in improving the performance of Islamic education teachers.
This study use a qualitative approach with the type of case study design. Methods of data collection in this study is done using by using three methods: observation, interview, and documentation. And the data analysis with the data reduction, the presentation of data and the conclusion of data or verification.
The results showed that (1) the elements of performance of Islamic education teachers at MI Hidayatul Muttaqin Blayu Wajak of Malang were supervised by the head of the school: (a) the ability to plan the learning, (b) the ability of the learning process, (c) the ability of the learning evaluation. (2) the academic supervision strategies of the head of the school of MI Hidayatul Muttaqin Blayu Wajak of Malang in improving the performance of Islamic education theachers: In the process of supervising principal MI Hidayatul Muttaqin Blayu Wajak of Malang collaborate between engineering groups with individual techniques that have been applied at MI Hidayatul Muttaqin Blayu Wajak of Malang. (3) evaluation of the academic supervision of the head of the school of MI Hidayatul Muttaqin Blayu Wajak of Malang in improving the performance of Islamic education teachers: (a) to comment on the planned lesson planning, implementing learning, making learning evaluation. (b) the head of the school of MI Hidayatul Muttaqin Blayu Wajak of Malang provides the opportunity for Islamic education teachers training making lesson planning, teaching practices, and the creation of learning evaluation.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi and Wahidmurni, Wahidmurni |
Keywords: | Supervisi Akademik; Kepala Madrasah; Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam The Academic Supervision Principals; The Head of the School; The Performance of The Islamic Education Teachers |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50920 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |