Zuhro, Umi (2013) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam pada Aspek Kompetensi Pedagogik di SDN Sukun 2 Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan yang bermutu sangat membutuhkan tenaga pendidik yang profesional. Tenaga pendidik mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembentukan pengetahuan, ketrampilan, dan karakter peserta didik. Atas dasar itu penelitian ini difokuskan pada permasalahan tentang: (1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik di SDN Sukun 2 Kota Malang? (2) Bagaimana dampak strategi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik di SDN Sukun 2 Kota Malang?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu wawancara (interview), pengamatan (observation) dan dokumentasi Documentation Review). Analisis data dengan mereduksi data, ppenyajian data kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogic di SDN Sukun 2 Kota Malang adalah partisipatif, yaitu dengan melibatkan bawahan dalam setiap kegiatan sekolah, sedangkan kompetensi pedagogik yang ditingkatkan, yaitu pertama, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dengan mengadakan sosialisasi prinsip-prinsip pembelajaran, Kedua, mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu melalui, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Pembentukan Tim Pengembang Kurikulum, dan melakukan supervise. Dan Ketiga, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu melaui kegiatan workshop dan pelatihan. (2) Dampak penerapan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik di SDN Sukun 2 Kota Malang sebagai berikut: a) Dampak bagi sekolah yakni terciptanya pembelajaran yang efektif dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik, dan juga dengan terlaksananya proses pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses pembelajaran dan terlaksanya kurikulum yang sesuai dengan standar. b) Dampak bagi pendidik adalah meningkatnya kemampuan pendidik dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran hingga evaluasi, khusunya pembuatan rapor berbasis IT, mampu mengembangkan kurikulum sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, implementasi motode pembelajaran yang menarik.
ABSTRACT
Quality education in dire need of professional educators. Educators have a strategic role in the formation of knowledge, skills, and character of students. On the basis of the research is focused on the issues of: (1) How does the principal strategies in improving the professionalism of teachers on pedagogical aspects in SDN 2 Malang? (2) How does the impact of the principal strategies to increase the professionalism of teachers on pedagogical aspects in SDN 2 City of Malang.
This study uses a descriptive-qualitative approach. The type of research is a case study. The method of data collection was done by using three methods: interviews (interviews), observations (observation) and documentation (Documentation Review). Analysis of the data by reducing the data, then the data ppenyajian conclusion.
Results of this study indicate that (1) the principal strategies in developing pedagogic competence in SDN 2 Malang is "participatory", ie by involving subordinates in any school activity, whereas the enhanced pedagogic competence, namely the first, mastering learning theory and principles the principle of learning by organizing educational socialization learning principles, Second, develop curriculum related to the subject matter through, Congress subject Teacher (MGMPs), curriculum Development team, and conduct supervision. And Third, utilizing information and communication technologies in the learning of teaching through workshops and training activities. (2) Impact of the implementation of the principal strategies in developing pedagogical competence in SDN 2 Malang as follows: a) Impact on schools namely the creation of effective learning by applying the fascinating learning methods, and also the implementation of information technology-based learning in the learning process and terlaksanya curriculum in accordance with the standard. b) Impact on educators is increasing the ability of educators in the use of technology in learning and evaluation, especially the manufacture of IT-based report card, able to develop the curriculum in accordance with the subject matter, interesting learning method possible implementation.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Strategi Kepala Sekolah; Profesionalisme Guru; Kompetensi Pedagogik Strategy Principals; Teachers Professionalism; Competence Pedagogic |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50915 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |