Responsive Banner

Penggunaan media pembelajaran simulasi (Monopoli dan Kartu Zob) dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Tumpang Kab. Malang

Sari, Indah Kumala (2015) Penggunaan media pembelajaran simulasi (Monopoli dan Kartu Zob) dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Tumpang Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Pada penyampaian pelajaran agama, seorang guru bukan hanya menyampaikan materi saja, namun harus sebisa mungkin dapat menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, karena seorang peserta didik membutuhkan proses belajar yang menyenangkan, dan tidak membosankan. Dalam pembelajaran ada baiknya menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar di dalam kelas. Model pembelajaran dengan media simulasi (monopoli dan kartu zob) adalah meida yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan sebanyak mungkin pengetahuan dan memperdalam pengalaman tentang suatu materi pembelajaran dengan bentuk perrmainan melalui kerjasama kelompok, serta saling kerjasama dalam memecahkan sebuah masalah. Tujuan dari penelitian adalah untuk: (1) Untuk mengetahui factor-faktor yang mendorong guru Aqidah Akkhlak menggunakan media pembelajaran simulasi (monopoli dan kartu zob) dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, (2) Untuk mengetahui cara guru Aqidah Akhlak merancang media pembelajaran simulasi (monopoli dan kartu zob), (3) Untuk mengetahui proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Tumpang Kab. Malang dengan menggunakan media simulasi (monopoli dan kartu zob), (4) Untuk mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran simulasi (monopoli dan kartu zob) terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Tumpang Kab. Malang. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri, dan teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan dengan cara cara mereduksi, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) faktor yang mendukung guru aqidah akhlak di MTs Negeri Tumpang ini untuk menggunakan media pembelajaran simulasi (monopoli dan kartu zob) salah satunya adalah karena menurut beliau media ini tidak terlalu sulit selain itu juga karena beliau ingin memberikan sesuatu yang beda kepada siswanya agara siswanya bisa menjadi lebih cepat paham dalam pelajaran, karena menurut beliau siswa kelas VII masih proses peralihan dari sekolah dasar maka beliau ingin menerapkan media dimana anak tidak hanya belajar saja akan tetapi juga diselingi dengan bermain. (2) cara merancang media simulasi ini, beliau menerapkannya hampir sama dengan permainan monopoli akan tetapi dadu untuk menjalankannya beliau ganti dengan kartu zob yang didalamnya terdapat angka mulai 1-5. Dalam pelaksanaannya beliau membagi satu kelas menjadi empat kelompok dan di setiap kelompok ini terdapat satu pemimpin kelompok. Ibu Kifayah memang membuat dalam permainan ini menjadi suatu persaingan antar kelompok tujuannya agar mereka dapat lebih bersemangat untuk mencapai finish duluan. Dan beliau akan memberikan reward bagi kelompok yang mencapai finish dahulu. (3) proses penggunaan media simulasi (monopoli dan kartu zob), proses penggunaannya ini sama seperti yang telah Ibu Kifayah rancang yaitu pertama beliau membagi satu kelas ini menjadi empat kelompok, dan Ibu Kifayah menjelaskan cara mainnya kepada siswanya. Setelah permainan sudah belangsung peneliti melihat bahwa mereka terlihat senang dan ketika peneliti tanya kepada para siswa itu mengaku lebih bersemangat dengan penggunaan media simulasi (monopoli dan artu zob) ini. (4) dampak media simulasi terhadap pemahaman belajar siswa, pembelajaran dengan media simulasi (monopoli dan kartu zob) ini mempengaruhi pemahaman siswanya dan itu dapat terlihat pada perkembangan nilai ulangan harian siswa. Selain itu juga di dalam kelas banyak siswa itu yang lebih aktif jadi bisa dikatakan bahwa dengan menggunakan media simulasi (monopoli dan kartu zob) ini sangat mempengaruhi pemahaman belajar siswa.

ENGLISH:

The learning process is a process of communication between teacher and students. At the convey religion lessons, a teacher is not only convery of damage, but should be able to adjust extent possible with the needs of students, because of the students needs processof learning what is acceptable, and not boring. In the learning it would be good uses the media learn to support the process of learning and teaching in the classroom. Model of learning with media Simulation (monopoly and card zob) is a medium that provide opportunities for learners to develop as much possible knowledge and deepening experience concerning a matter of learning with form of play through cooperation group, as well as mutual cooperation in solving a problem. The purpose of research is to: 1) to know the factors thet encourage teachers of Aqidah Akhlak inside using media learning Simulation (monopoly and card zob)in the lesson Aqidah Akhlak. 2) to know how to method the teacher to planning media learning Simulation (monopoly and card zob). 3) to know learning process Aqidah Akhlak in MTs N Tumpang, Malang with using media learning Simulation (monopoly and card zob), 4) to know the impact of the use of media learning Simulation (monopoly and card zob) about increase in student agains understanding subject in the MTs N Tumpang, Malang. To reach a goal up, used the approach of the qualitative study with a kind of descriptive qualitative research. Instrument of research is the researchers own, and collection technuiqes of data used is observation, interview, and documentation. Analyzed data by the way by means of reducing, described the data and draw conclusions.

The research result show that (1) factors that support teachers Aqidah Akhlak in this MTs N Tumpang to use media learning Simulation (monopoly and card zob) one of them is because according she to media he is not too difficult is also because she wanted to give something different to their students that their students can be more quickly understand in lessons, according to her because of the students VII still the process of transition from primary school and she wanted to apply where the media not only learn just but also is interspersed with play. (2) A way of desigining this simulation media, she apply them almost the same with the game of monopoly but then dice to manage them she instead of with a card zob in which there are figure began to 1-5. In practice she divides the next class to be four groups and in every group there are one the leader of the group. Miss Kifayah does make in this game into a group the competitions among the goal so they could more inclined to reach the finish line first move. And she was gonna give rewads for the which reached the finish line first. (3) the process of the use of the Simulation (monopoly and card zob), the process of its use even as it has this miss Kifayah engineering first namely she divides the this class into four groups, and miss Kifayah explaning how to play for their students, after the game was ready researchers saw that they were looked pleased and when the researchers asked to students said they more motivated by the use of this media learn Simulation (monopoly and card zob). (4) the impact of the media simulation of the understanding learn studenta, a lesson in the media learn Simulation (monopoly and card zob) this influenced understanding their students and it can be seen in the development of the velue of daily remedial students. It is also in the classroom a lot of students that which is more active so it can be said that with uses the media learn Simulation (monopoly and card zob) the students learned this influence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
Keywords: Media Simulasi (Monopoli dan Kartu Zob); Pemahaman Belajar; Media Learn Simulation (Monopoly And Card Zob); Understanding Learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2016 17:28
Last Modified: 06 Dec 2016 17:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5088

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item