Rahmatullah, Rahmatullah (2013) Manajemen Integrasi Pendidikan Pesantren dan Pendidikan Tinggi dalam membentuk Karakter Mahasiswa Unggul di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11710023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tentang integrasi pendidikan pesantren dan pendidikan tinggi ini dirasa sangat menarik dan unik. Pesantren mempunyai keunggulan dari sisi moralitas dan tradisionalisnya sedangkan perguruan tinggi mempunyai keunggulan dari sisi rasionalitas dan eksperimentasi. Harapan yang ingin dicapai dengan konsep integrasi pendidikan pesantren dan pendidikan tinggi ini adalah dapat melahirkan seorang cendekia muslim berkarakter seperti para ulama. Adapun fokus penelitian ini tentang layanan pendidikan bagi santri-mahasiswa di Pesma Al-Hikam Malang; karakteristik mahasiswa unggul yang dikembangkan di Pesma Al-Hikam Malang; dan tentang konsep manajemen integrasi yang dikembangkan di Pesma Al-Hikam Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan lewat wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wujud data berupa kata-kata, catatan, laporan dan dokumen yang diperoleh dari pimpinan pondok pesantren, para asatidz, dan santri-mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan peneliti, teknik triangulasi dan diskusi rekan sejawat.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Layanan pendidikan santri-mahasiswa diberikan selama santri berada dilingkungan pesantren. Layanannya berbasis kultural sehingga santri mendapatkan irsyad, ta’dib dan dirosah. 2) Karakteristik santri yang dikembangkan di Pesma al-Hikam Malang, secara sederhana dikenal dengan mahasiswa yang santri dan santri yang mahasiswa. Artinya Pesma al-Hikam mengembangkan seorang pelajar yang taat kepada Allah swt, mempunyai akhlakul karimah dan memiliki intelektual yang tinggi, yang pada akhirnya mampu menjadi manusia yang mampu hablum minallah dan hablum minan nash. 3) Konsep manajemen integrasi yang dikembangkan di Pesma al-Hikam terdiri dari dua kategori, yaitu: pertama, manajemen integrasi ilmu, dimana santri Pesma al-Hikam diberi pendidikan dan pembelajaran ilmu agama dasar, pendidikan yang diberikan lebih mengarah kepada materi tentang akhlak guna membentuk karakter mahasiswa yang bertanggungjawab kepada ilmu yang diperolehnya diperguruan tinggi. Kedua, adalah manajemen integrasi kelembagaan, dimana Pesma al-Hikam mengembangkan lembaga pendidikan yang disebut dengan STAIMA al-Hikam, hal ini diharapkan akan membentuk lembaga yang integral.
ABSTRACT
Research on the integration of boarding school education and higher education is considered very attractive and unique. Schools have advantages in terms of morality and traditionalist while college has advantages in terms of rationality and experimentation. Expectations to be achieved with the integration of the concept of boarding schools and higher education are able to give birth to a Muslim intellectual in character as the scholars. The focus of this research is the education services for students at Pesma Al-Hikam Malang; characteristics of superior students developed in Pesma Al-Hikam Malang; and about integration management concept developed in Pesma Al-Hikam Malang
This research employed qualitative research approach with descriptive- analysis method. Data collection was technically done through interview, observation, and documentation then seeking one informant to another following snowball sampling rule. The data record such as words, notes, reports, and documents which director, teachers, and students. The data analysis was technically done through data reduction, serving data, and drawing conclusion. Whereas data validation was done within observation discipline, triangulation technique, and discussion among colleagues.
The results of this study are: 1) education services for students are given within the pesantren. Culturally-based services so that students get irsyad, ta'dib and dirosah. 2) Characteristics of students who developed Pesma al-Hikam Malang, simply known by santri-mahasiswa and mahasiswa-santri. Means Pesma al-Hikam develop a student who obey Allah, has akhlakul karimah and have high intellectual and ultimately capable of being human that can hablum minallah and hablum nash. 3) integration management concept developed in Pesma al-Hikam consists of two categories, namely: first, the management integration of science, where students are given Pesma al-Hikam education and learning basic religious knowledge, more education leads to matter given about akhlakul karimah to form students are responsible to the character of the knowledge gained in college. Second, is the management integration of institution, where Pesma al-Hikam develop educational institution called the Islamic High School Ma'had Aly (STAIMA) al-Hikam Malang. These concepts are expected to form an integral institution.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Tamrin, Dahlan |
Keywords: | Pendidikan; Karakteristik; dan Manajemen Integrasi Education; Characteristics; and Management Integration |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50863 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |