Narullitha, Elliya (2015) Konsep pendidikan karakter dalam Al Quran: Kajian kritis surat Maryam ayat 12-20. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat saat ini banyak dihadapkan oleh problematika tertutama tentang krisis karakter dan moral yang banyak terjadi dimana-mana. Krisis ini ditandai dengan meningkatnya pergaulan seks bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja serta banyaknya kedurhakaan anak terhadap orang tua. Minimnya pengetahuan tentang Al Qur’an dapat menjadikan semakin merosotnya karakter seseorang. Oleh karena itu dalam upaya memurnikan kembali nilai-nilai yang terdapat dalam Al Quran, yakni dengan cara kembali pada ajaran islam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari seperti yang diajarkan dalam Al Quran. Berangkat dari latar belakang itulah, penulis bermaksud membahas konsep pendidikan karakter dalam Al Quran surat Maryam ayat 12-20.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang nilai-nilai pendidikan karakter dan bentuk pendidikan karakter dalam surat Maryam ayat 12-20. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode library research, Melalui pendekatan tafsir tahlily. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tahapan menghimpun/mencari literatur yang berkaitan dengan objek penelitian. Kemudian langkah akhir dalam analisis data, penulis menggunakan content analyze dengan mula-mula melakukan telaah atas ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan karakter, kemudian menganalisis hasil penelitiannya dengan teori yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkadung dalam surat Maryam ayat 12-20 meliputi: a) Cinta kepada Allah SWT, b) Cinta kepada kedua orang tua, c) cinta kepada sesama, d) cinta ilmu, e) Menjaga kehormatan, f) Tawakkal, g) Kejujuran. Dan terdapat 4 bentuk pendidikan karakter yakni : a) Pendidikan berbasis nilai religius (ketakwaan kepada Allah), b) Pendidikan karakter berbasis nilai kultur (berbakti kepada kedua orang tua), c) Pendidikan Karakter berbasis lingkungan sosial (lemah lembut dan rendah hati), d) Pendidikan karakter berbasis potensi diri (bersungguh-sungguh).
ENGLISH:
Today, many people are confronted by the problems mainly about character and moral crisis that along with the development of the times anywhere. This crisis is characterized by increasing sexual promiscuity, rampant levels of children violence and adolescents and the number of children for the iniquity of parents. The lack of knowledge about the Qur'an can make further deterioration of one's character. Therefore, in an effort to purify the values contained in the Qu’ran, that goes way back to the teachings of Islam and applies it in everyday life as taught in the Qur'an. From that background, the author intends to discuss Character Education Concept of the Qur'an ofSurah Maryam Critical Assessment of verses 12-20.
The purpose of this research was to know about the values of character education and character education in the form of a surah Maryam of verses 12-20.This type of research used descriptive qualitative research library method, through tahlily interpretation approach. The method of data collection was done through the stages of collecting / looking for literature relating to the object of research. Then the final step in the data analysis, the author used the content analyze with first doing a review of the verses of the Qur'an were related to character education, then analyzing the results of his research with the used theory.
The results showed that the value of character education contained within the SurahMaryam of verses 12-20 included: a) Love to God, b) Love to both parents, c) love of neighbor, d) love science, e) Maintain honor, f) resignation, g) honesty. And there were four forms of the character education: a) religious values-based education (devotion to God), b) culture values-based character education (filial to both parents), c) social environment based on Character Education (gentle and humble), d) potential based on character education (seriously).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Al Qur’an; Character Education; Qur'an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:25 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 15:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5086 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |