Internalisasi nilai-nilai PAI melalui budaya religius sekolah di SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan

Amin, Makinun (2015) Internalisasi nilai-nilai PAI melalui budaya religius sekolah di SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Adanya internalisasi nilai-nilai PAI melalui budaya religius sekolah kepada peserta didik agar peserta didik bukan hanya berpengetahuan saja, tetapi mereka juga bisa menerapkan dan menghayatinya dengan baik, sehingga menjadi karakter mereka kelak. Nilai-nilai PAI yang diantara adalah nilai dalam bidang keimanan, syari’ah dan akhlak. Sedangkan budaya religius sekolah adalah cara berpikir dan bertindak warga sekolah yang didasari dengan nilai-nilai ajaran religius. Budaya religius sekolah memiliki peranan penting dalam menginternalisasikan nilai-nilai PAI kepada peserta didik di SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses internalisasi nilai-nilai PAI melalui budaya religius sekolah di SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan? 2) Bagaimanakah bentuk Implementasi budaya religius sekolah di SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan yang dapat mendukung guru PAI dalam melakukan internalisasi nilai-nilai PAI? 3) Bagaimanakah upaya pelestarian internalisasi nilai-nilai PAI melalui budaya religius sekolah di SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan memakai metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif (non statistik) yang bersifat eksploratif, yaitu menggambarkan atau menguraikan secara detail data yang ditemukan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Proses internalisasi nilai-nilai PAI melalui budaya religius sekolah di SMAN 1 Gondangwetan meliputi: a) Komitmen guru PAI dalam melaksanakan internalisasi nilai-nilai PAI. b) Menciptakan solusi alternatif sebagai wadah internalisasi nilai-nilai PAI, yakni sebuah budaya religius sekolah. c) Kebijakan pimpinan sekolah dalam menciptakan budaya religius sekolah. d) Memperkenalkan sekaligus menjelaskan nilai-nilai PAI melalui kegiatan intra maupun ekstrakurikuler. e) Memaksimalkan internalisasi nilai-nilai PAI melalui KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di kelas. f) Mengintegrasikan nilai-nilai PAI dalam kegiatan ekstra kurikuler di luar kelas. g) Mentradisikan nilai-nilai PAI dalam bentuk pandangan hidup, perilaku dan sikap dengan bantuan adanya budaya religius sekolah di SMAN 1 Gondangwetan. h) Guru PAI menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah terutama para siswa. i) Mengadakan acara ataupun kegiatan-kegiatan keagamaan. j) Membiasakan hal-hal kebaikan. k) Pemberian motivasi kepada para siswa berbentuk penghargaan (reward). l) Penegakan kedisiplinan dengan peraturan-peraturan yang ada. m) Senantiasa mensosialisasikan dan mengevalusi kembali tingkat ketercapaian visi dan misi lembaga sekolah yakni SMAN 1 Gondangwetan, kepada semua guru dan para siswa. 2) Bentuk Implementasi budaya religius sekolah yang ada di SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan yang dapat mendukung guru PAI dalam melakukan internalisasi nilai-nilai PAI meliputi: a) Penerapan 5 S (Senyum, salam, sapa, sopan dan santun). b) Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). c) Saling hormat dan toleran. d) Puasa sunnah senin dan kamis. e) Shalat dhuha. f) Tadarrus Al-Quran. g) Istighasah dan do’a bersama. h) Kerja bakti peduli lingkungan. i) Hafalan Asma’ul husna. j) Bersedekah seminggu sekali (Infaq). k) Pondok Ramadhan. l) Pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah. m) Halal Bihalal. n) Sholat Idul Adha bersama. o) Penyembelihan dan pembagian daging hewan qurban. p) Mengaji kitab Safinatun Najah dan Qurratul Uyun. 3) Upaya pelestarian internalisasi nilai-nilai PAI melalui budaya religius sekolah di SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan diantaranya adalah menggunakan berbagai upaya berbentuk pendekatan dan metode. Pendekatan a) Step by step (Bertahap). b) Pendekatan Persuasif (Ajakan atau seruan). c) Pendekatan Pembiasaan. d) Penyadaran emosi. Pendisiplinan. e) Penegakan aturan. f) Pemberian motivasi berbentuk reward (penghargaan). Sedang metodenya menggunakan metode a) Keteladanan. b) Ibrah dengan cerita, ceramah dan mau’zah (nasehat). d) Tanya jawab atau diskusi. e) Perumpamaan dan sindiran. f) Demonstrasi. g) Pembiasaan, yang bersifat berkelanjutan. h) Pengalaman langsung. i) Penugasan. j) Out Bond dan bernyanyi.

ENGLISH:

The internalization of the PAI values through the religious culture of the school makes the students not only knowledgeable, but they can apply and live it well, so that they someday become their character. PAI values are the faith, Shari'ah and morals. The religious culture of school is a thinking way and action of school community that is based on the values ​​of religious teachings. Religious culture in schools have an important role to internalize the values ​​of PAI to students at SMAN 1 Gondangwetan Kab. Pasuruan. The formulation of the problem in this research is: 1) How does the process of internalizing the values ​​of PAI through religious culture at SMAN 1 Gondangwetan schoolt. Pasuruan? 2) What kind of implementation of religious culture at SMAN 1 Gondangwetan school. Pasuruan which can support teachers of PAI to internalize the values ​​of PAI? 3) How does the effort to preserve the internalization of values ​​PAI through religious culture at SMAN 1 Gondangwetan school of Pasuruan? This study used a qualitative approach to the type of field research (Field Research) and use descriptive method. The technique of collecting data using interviews, observation and documentation. Data analysis technique used is descriptive qualitative (non-statistical) explorative, which describe in detail the data found.

The results showed that 1) The process of internalizing the values ​​of PAI through religious culture in the school SMAN 1 Gondangwetan include: a) Commitment of PAI teachers in implementing the internalization of the values ​​of PAI. b) Creating alternative solutions as internalization medium of the values ​​of PAI, which is a religious culture of the school. c) Policies school leaders in creating a culture of religious schools. d) Introducing as well as e the val ues ​​of PAI through intra and extra-curricular activities. e) Maximize the internalization of values ​​PAI through KBM (Teaching and Learning Activities) in the classroom. f) Integrating the values ​​of PAI in extra-curricular activities outside the classroom. g) To internalize PAI values ​​in the form of way of life, behavior and attitudes by making the religious culture in the school SMAN 1 Gondangwetan. h) The teacher PAI to be an example for all people, especially school students. i) Hold events or religious activities. j) Familiarize things good. k) Provision of motivation to the students shaped awards (reward). l) Enforcement of discipline with existing regulations. m) Always socialize and re-evaluate the level of achievement of the vision and mission of the institution SMAN 1 Gondangwetanl, to all teachers and students. 2) The implementation of religious school culture in SMAN 1 Gondangwetan. Pasuruan which can support teachers in the PAI to internalize the values ​​of PAI include: a) Application 5 S (Smiles, greetings, greetings, polite and courteous).b) Pray before and after implementing KBM (Teaching and Learning). c) Mutual having respected and tolerance. d) sunnah fasting on Monday and Thursday. e) Duha prayer. f) Tadarrus Al-Quran. g) Istighasah and prayer together. h) Work as devotion environmental care. i) Memorizing Asma'ul husna. j) Bersedekah once a week (Infaq). k) The cottage Ramadan. l) The collection and distribution of zakat fitrah. m) Halal Bihalal. n) Eid ul Adha together. o) slaughter and meat distribution of sacrificial animals. p) recite the book of Safinatun Najah and Qurratul Uyun. 3) The conservation of internalizing the values ​​of PAI through religious culture at SMAN 1 Gondangwetan of Pasuruan them are using a variety of approaches and methods shaped effort. Approach a) Step by step (Gradual). b) Persuasive Approach (invitation or call). c) Approach habituation. d) Awareness of emotion. Discipline. e) enforcement of the rules. f) Provision of motivation in the form of reward (award). Being the method using the method of a) ideals. b) ibrah with stories, lectures and mau'zah (advice). d) question and answer or discussion. e) The parable and satire. f) Demonstration. g) habituation, which is ongoing. h) Direct experience. i) Assignment. j) Out Bond and singing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, A
Keywords: Nilai-nilai PAI; Budaya Religius Sekolah;
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:28
Last Modified: 06 Dec 2016 10:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item