Responsive Banner

Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas terhadap peningkatan Kualitas Mengajar Guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

Sunaryo, Mahfud (2012) Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas terhadap peningkatan Kualitas Mengajar Guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10710099.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Salah satu faktor yang dianggap sebagai penyebab mutu pendidikan itu rendah adalah kualitas guru yang rendah. Menurunnya kualitas pendidikan bukan diakibatkan oleh kurikulum tetapi kurangnya kemampuan professional guru dan keengganan belajar siswa. Hal ini tentunya merupakan hal yang kurang baik karena guru baik sebagai pendidik maupun sebagai pengajar merupakan faktor penentu keberhasilan di sekolah. Dan pengawas sekolah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah serta mempunyai peranan yang sangat penting terhadap perkembangan dan kemajuan sekolah.

Atas dasar itu penelitian ini difokuskan pada permasalahan tentang: (1) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik pengawas terhadap peningkatan kualitas mengajar guru di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Pare Kabupaten Kediri?, (2) Apakah ada pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas terhadap peningkatan kualitas mengajar guru di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Pare Kabupaten Kediri?. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pengawas terhadap peningkatan kualitas mengajar guru di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. (2) Menganalisis pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas terhadap peningkatan kualitas mengajar guru di Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 4 metode yaitu observasi dan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang terkumpul dengan teknik itu dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses/langkah-langkah pelaksanaan supervisi pengawas pada MI swasta sekecamatan Pare Kabupaten Kediri dilakukan dengan tiga tahap: pertama, tahap persiapan dengan mengadakan pertemuan awal dengan pihak madarasah yang dilakukan pada awal atau akhir tahun, dan menyusun program serta menyiapkan isntrumen penilaian. Kedua, tahap pelaksanaan yakni pemberitahuan dahulu bila berkunjung lewat kepala madrasah, dan berkunjung berdasarkan pada jadwal mengajar guru. Ketiga, evaluasi dilakukan dengan memberikan catatan dan kemudian catatan tersebut diberikan kepada kepala madrasah untuk di tindaklanjuti. (2) Pengaruh pelaksanaan supervisi akademik pengawas terhadap kualitas mengajar guru di MI swasta se Kecamatan Pare Kebupaten Kediri adalah Thitung X21,596 ≥ttable
1,6591 dan nilai ρ = ,001 ≤ 0,05 maka Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik pengawas terhadap kualitas mengajar guru diterima sebesar 0,959 atau
95,9% dan Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik pengawas terhadap kualitas mengajar guru ditolak, itu berarti ada pengaruh yang bermakna oleh variable X dan Y.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ghony, M. Djunaidi and Ali, Nur
Keywords: Pengaruh; Supervise Akademik; Kualitas Mengajar Guru
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 01 Jul 2023 05:37
Last Modified: 01 Jul 2023 05:37
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50809

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item