Khoirul, Muhammad (2012) Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam peningkatan Profesionalisme Guru Agama Islam: Studi di SDN Jedong 02 dan SDN Jedong 03 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710088.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (992kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah merupakan suatu usaha yang membutuhkan perencanaan yang matang dan komponen-komponen yang lain diantaranya adalah kepala sekolah dan guru, karena maju mundurnya lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh seorang pemimpin dalam hal ini adalah kepala sekolah, meski demikian guru juga ikut menjadi penentu keberhasilan seorang murid, maka dibutuhkan komitmen yang tinggi dari berbagai pihak, dalam hal ini adalah kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah harus sering memberikan motivasi dan supervisi kepada semua guru agar dapat maksimal dalam melakukan proses belajar mengajar. Guru yang maksimal dalam mengajarnya, maka akan menghasilkan out put yang baik dan sebaliknya jika guru hanya asal mengajar maka output yang dihasilkan akan menjadi tidak baik, maka akan dapat menurunkan citra dan reputasi dari guru serta sekolah itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru agama di SDN Jedong 02 dan SDN Jedong 03 di kecamatan Wagir, dengan sub fokus penelitian: (1) Perencanaan supervisi kepala sekolah, (2) pendekatan dan tehnik supervisi kepala sekolah, (3) Implementasi supervisi kepala sekolah. Ketiga fokus tersebut adalah bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara secara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti, tekhnik trigulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode, serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah SD dan guru agama.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru pendidikan agama pada dua sekolah ini komitmennya masih rendah (2) Pelaksanaan pleaning program supervisi belum dilaksanakan secara kontinyu. (3) pendekatan yang dilakukan hanya berkisar pada individual dan kelompok saja (4) Kepala sekolah bertugas hanya sebagai supervisor tapi belum memberikan langkah-langkah dalam pendekatan supervisi, (5) tidak adanya tindak lanjut dari supervisi yang telah dilaksanakan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan (1) hendaknya perencanaan supervisi diketahui dan dibicarakan secara bersama-sama, (2) Kepala sekolah tidak hanya berdiri sebagai supervisor saja, akan tetapi memberikan langkah dan contoh yang kongrit, (3) lebih banyak menambah khazanah keilmuan kepada para guru terutama guru agama agar lebih professional dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan dapat menghasilkan output yang lebih baik.
ABSTRACT
The education is a kind of work which is requiring the mature plan and the participation of ather components including principal and teacher. Educationinstitution can progress through the determinination of a leader, here is the principal. Teachers may be also important but in determining the success of the studens.Therefore, high commitment from many parties including principal and teacher is very necessary. The principal must always provide motivation and supervision over all teachers to produce the maximum result of learning teaching process. The teacher with good teaching willnproduce good output. Teacher with teaching salk is only resulting in poor output, and reducing the image and reputation of teacher and school.
The objective of research is to understand the implementation of the principal to increase the professionalism of the religion teacher at SDN Jedong 02 and SDN Jedong 03 in Wagir Subdistrict. The sub focuses of research are, (1) The planning of supervision by the principal, (2) The approachs and technique of supervision by the principal, and (3) The implementation of supervision of the principal. These three focuses are designed to increase the professionalism of Islam religion teacher.
Research uses qualitative apprvation, approach with case study plan. Date are collected through deep interview technique, participative observation, and documentation Data analysis techniques involve data reduction, data presentation, and conclusion. The verification of finding is conducted through the extension of participation. Trianggulation technique involves many sources, theories and methods, as well as the observer diligence. The informant includes the principal and the religion teacher.
The findings of research indicate that (1) The religion teacher of both schools has low commitment, (2) The pleaning of supervision program is not implemented continually, (3) The approach of the program is only concerning with certain individual and certain group, (4) The principal is only acting as the supervisor without further steps for the supervision and (5) The of follows up from the supervision.
Research concludes that (1) The pleaning of supervision must be discussed comprehensively, (2) The principal is not only acting as supervisor, but also giving theconcrete model and example, (3) The knowledge realm of teacher, mainly the religion techer, should be increased to increase their professionalism in the learning process and to ensure the better output from the learning process.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Mujab, Muhammad |
Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah; Profesionalisme Guru Principal Supervision; Teacher Profesionalism |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:37 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:37 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50807 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |