Mukibat, Muh. (2013) Peran Komite Sekolah dalam mengembangkan Manajemen Sarana Prasarana Sekolah: Studi kasus di SD Annur Tumpang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710039.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Era otonomi daerah telah membawa perubahan berbagai bidang kehidupan masyarakat. Perubahan ini sangat penting, karena dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam perbagai pelaksanaan program pemerintah, khususnya dalam pengelolaan dan peningkatan mutu pendidikan nasional. Salah satu wadah yang dapat mengakomodasi pandangan, aspirasi dan menggali potensi masyarakat untuk tercapainya peningkatan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan adalah komite sekolah. Wadah ini dibentuk sebagai konsekuensi dari meningkatnya kompleksitas organisasi sekolah, selain dalam rangka memaksimalkan peran dan andil masyarakat terhadap fungsinya untuk ikut bertanggung jawab pada keberhasilan pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran komite sekolah dalam mengembangkan manajemen sarana prasarana dan bentuk-bentuk manajemen sarana prasarana yang dilakukan di SD Annur Tumpang,
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti dengan menggunakan berbagai sumber, teori, metode dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian adalah kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, Tata Usaha, ketua komite sekolah dan seluruh jajarannya.
Dari hasil penelitian yang ke-1, menunjukkan bahwa peran komite sekolah dalam mengembangkan manajemen sarana prasarana, meliputi; (a) proses pengadaan, (b) proses inventarisasi, (c) proses pendistribusian,(d) proses pemeliharaan, (e) proses penghapusan, dan (f) proses pengamanan. Sedang hasil penelitian yang ke-2 mengenai alasan perlunya SD Annur Tumpang melaksanakan pengembangan manajemen sarana prasarana sekolah, adalah karena; (a) visi, misi, tujuan dan target SD Annur Tumpang sebagai sekolah unggulan, (b) dukungan dan otoritas penuh dari komite sekolah dan yayasan, dan (c) pembiayaan yang kuat dari komite sekolah dan yayasan.
Keseluruhan paparan data dan hasil penelitian ini dapat dikemukakan tesis bahwa kontribusi masyarakat sekolah dengan model kemitraan dalam mengembangkan manajemen sarana prasarana dapat mewujudkan sekolah unggulan dan membantu peningkatan mutu pendidikan.
ABSTRACT
Decentralization has brought changes in many areas of public life. This change is very important, because it can encourage community participation in the implementation of government programs perbagai, especially in managing and improving the quality of national education. One container that can accommodate the views, aspirations and the community to explore the potential achieve ment of improvements in the quality of education at the unit level of education is the school committee. The container is formed as a consequence of the increasing complexity of school organization, in addition to in order to maximize the role of the com munity and contribute to its function to take responsibility on educational success .
This study aimed to reveal the role of the school committee in developing the infrastructure management and forms management infrastructure that is done in SD Annur Overlapping ,
This study used a qualitative approach with a case study design , data collection was done by using in-depth interviews , participant observation and documentation. Data analysis techniques include data analysis, data presentation and conclusion. Checking the validity of the findings made by involving researchers using a variety of sources, theories, methods and persistence of observation. Informant research is the principal, the vice principal, Administration, chairman of the school committee and the entire staff .
The results showed that (1) The role of the school committee in developing infrastructure management, include: (a) procurement process, (b) the inventory process, (c) the distribution, (d) the maintenance process, (e) the removal process, and (f) the process of securing. Moderate results (2) SD Annur Overlapping reasons in implementing management school infrastructure development, are: (a) vision, mission, goals and targets elementary school Annur Overlapping as seed, (b) support and full authority of school committees and foundations, and (c) financing from school committees and foundations.
Overall exposure data and the results of this study can be stated thesis that the contribution to the school community partnership model in developing infrastructure management can realize excellent schools and help improve the quality of education
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Abidin, Munirul |
Keywords: | Komite Sekolah; Manajemen Sarana Prasarana Sekolah School Committee; School of Infrastructure Management |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:23 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:23 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50775 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |