Responsive Banner

Metode amtsilati dalam memahami kitab fiqih (klasik) di wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Ubaidillah, Moch. Irfan (2015) Metode amtsilati dalam memahami kitab fiqih (klasik) di wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Metode Amtsilati merupakan suatu metode cepat dalam mempelajari kitab kuning atau nama lainnya adalah kitab klasik. Isi dalam kitab Amtsilati membahas tentang nahwu sharaf, dimana keduanya menjadi pedoman awal bagi orang yang hendak memahami kitab kuning (klasik), karena keduanya merupakan ilmu alat yang digunakan untuk mengupas kitab kuning (klasik) yang tidak ada harokatnya agar bisa dibaca. Pada umumnya, yang terjadi di kebanyakan pesantren untuk mempelajari kitab kuning (klasik) membutuhkan waktu bertahun-tahun dan lebih masyhur dengan kesulitan dalam mempelajarinya. Sedangkan, dalam metode Amtsilati sendiri hanya dibutuhkan rentang waktu selama 6 bulan saja. Kitab Fiqih (klasik) atau kitab kuning sudah menjadi ciri khas dari semua pondok pesantren yang ada di Indonesia terutama pondok pesantren yang mengusung ciri khas salaf.

Adapun yang menjadi fokus dari studi ini adalah mencari keterangan sedetail-detailnya tentang metode Amtsilati dalam memahami kitab fiqih (klasik) di Wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran Amtsilati di Wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo; (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Amtsilati di Wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo; (3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Amtsilati di Wilayah Zaid bin Tsabit Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Untuk mencapai tujian diatas, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui: (1) interview (wawancara); (2) observasi (pengamatan); (3) dokumentasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan metode analisis kualiatif, yakni data yang telah didapat, dideskripsikan atau digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, kemudian dipisah-pisah menurut kategori masing-masing untuk memperoleh kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan (1) teknik triangulasi; (2) meningkatkan ketekunan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembelajaran Amtsilati menggunakan sistem KBK dan tertuang dalam bentuk KBM. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Amtsilati antara lain; (1) Ditinjau dari segi ustad, yakni (a) kurangnya keterampilan dalam memotivasi santri, (b) kurangnya asatidz, (2) Ditinjau dari segi Santri, yakni (a) malas dalam mengikuti pembelajaran dan menghafal, (b) kurang kesadaran dalam jiwa santri, (c) kegiatan Amtsilati yang berbenturan, (d) faktor lingkungan, (e) kurangnya pendampingan dari ustad. Sedangkan upaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah (1) mengadakan kajian taqrib, (2) mengatur ulang jadwal Amtsilati, (3) meminta peserta yang wisuda untuk mengajar, (4) pengurus lebih aktif, (5) mengabsen santri setiap kegiatan, (6) bersinergis antara Ustad dan Santri, (7) meningkatkan ibadah.

ENGLISH:

Amtsilati method is a fast method in studying the yellow book or the other name is classic holy book. The contents of Amtsilati book discuss about nahwu sharaf, that is be the initial guidelines for the people who will learn yellow book (classic), because both are used as means of understanding the content of yellow book thoroughly . Generally, most Islamic Boarding School takes a long time to study the yellow book (classic) and more famous difficulty to study it. While in the amtsilati method only needed a span of 6 months. The Fiqih book (classic) or yellow book has become characteristic of all boarding schools in Indonesia especially the salaf Islamic boarding schools.

As for the focus of this research is to find out as much detail as information about Amtsilati method in understanding Fiqh book (classic) in Zaid bin Tsabit region Nurul Jadid Islamic Boarding School of Paiton Probolinggo. The purpose of this research are: 1. To describe form of learning Amtsilati in Zaid bin Tsabit region Nurul Jadid Islamic Boarding School of Paiton Probolinggo. 2. To understand the obstacles that faced by Amtsilati method in Zaid bin Tsabit region Nurul Jadid Boarding School of Paiton Probolinggo. 3. To understand the efforts that did to overcoming the obstacles that faced by Amtsilati method in Zaid bin Tsabit region Nurul Jadid Boarding School of Paiton Probolinggo.

To achieve the purpose above, this research used descriptive qualitative method. The method of collecting data by : 1. Interview 2. Observation 3. Documentation. The data analyze has done by analyze qualitative method, data that has been obtained, is described by the words or sentences, then these data are separated based on categories of each to get a conclusion. Meanwhile the validity data checking is used: 1. Triangulation technic 2. Increase the diligence.

The result of research showed that the form of learning Amtsilati used KBK system and applied in KBM. The obstacles that faced on Amtsilati learning are: 1. By the teacher aspect are: (a) the lack of skills in motivating students, and (b) lack of asatidz 2. By the Student aspect are: (a) lazy in following the learning and memorization, (b) lack of awareness in the santri’s soul, (c) the Amtsilati’s activities collide, (d) environment factors, and (e) the lack of assistance from the asatidz. Whereas the efforts to overcome those obstacles are: 1. Hold Taqrib lesson. 2. Rearranging Amtsilati schedule. 3. Ask to student graduated to teach. 4. The committees of boarding school to more active 5. Ask Santri to fill the present in every activity. 6. Any synergy among teacher and students. 7. Increase the worship.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yasin, Ahmad Fatah
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDYasin, Ahmad FatahUNSPECIFIED
Keywords: Metode Amtsilati; Kitab Fiqih (Klasik); Amtsilati Method; Fiqh Book (Classic)
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 17:31
Last Modified: 06 Dec 2016 17:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5077

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item