Arief, Mohammad (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan Mutu Sekolah: Studi kasus di SD Insan Amanah Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen utama dalam organisasi dibandingkan elemen lain seperti modal dan teknologi, sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan yang lain. Sekolah sebagai salah satu organisasi/lembaga pendidikan saat ini masih dinilai sebagai lembaga yang memiliki skor akreditasi rendah dari berbagai sudut, termasuk dalam mutu pengelolaan dan pelayanan yang masih belum mampu menunjukkan sisi-sisi profesionalitas dalam memberikan kepuasan para pelanggannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang : 1) Konsep manajemen sumber daya manusia di SD Insan Amanah Malang. 2) Strategi Manajemen sumber daya manusia di SD Insan Amanah Malang. 3) Efektivitas manajemen sumber daya manusia di SD Insan Amanah Malang dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik non statistik dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam dengan sumber data utama/primer dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data.
Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa: 1) Perencanaan SDM dirancang dan disusun secara sistematik dan berdasarkan kemandirian sekolah dengan memperhatikan ciri khas sekolah. 2) Rekrutmen SDM dilakukan secara terbuka, mandiri dan dengan mengedepankan prinsip profesionalisme serta transparansi. 3) Seleksi dinilai telah memenuhi unsur professional. 4) Orientasi, meski tidak formal, tetap diberikan dengan cara memperkenalkan kondisi lingkungan, budaya dan rekan kerja. 5) Pelatihan dan pengembangan yang dilakukan telah memberikan dampak dan pengaruh positif, baik untuk sekolah maupun personel. 6) Penilaian kinerja dilakukan dengan menggunakan dua aspek, yakni aspek penilaian model kuantitatif dan kualitatif. 7) Pengelolaan dan perencanaan karier dilakukan dengan proporsional. 8) Kompensasi dilakukan dengan memperhatikan pola kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung.
Implementasi manajemen sumber daya manusia di SD Insan Amanah Malang dalam upayanya meningkatkan mutu sekolah cukup memberikan dampak yang positif terhadap pencapaian program dan visi misi sekolah.
ABSTRACT
Human Resource (SDM) is the main element in organization than other element such as modal and technology, because the human itself is control to others. The school as one of organization or institution of education is judged as the institution has law accreditation score from various sides, including in the quality of management and service that has disable to show the professionalism side in giving the satisfying of customers.
The object of research is to know and discuss deeper about: 1) The Concept of human resource management at SD Insan Amanah Malang. 2) Implementation’s Strategic of human resource management at SD Insan Amanah Malang. 3) Effectiveness of management implementation for human resource in SD Insan Amanah Malang in increasing of school quality.
The research is descriptive analytic non statistic by using the qualitative approach and case study. The collecting data is through an observation, which the researcher functioned as an instrument for making an observation non participant, deep interview and primer data resource and documentation study. The data is analyzed by using interactive analysis through 3 activities that are reduction, display and concluding. The validity of data is obtained through prolongation of participant and triangulation data.
Based on the research is described that: 1) the planning of human resource (SDM) is designed and arranged systematically and based on the school autonomous and pay attention of school typical. Recruitment of human resource is implemented openly, autonomous and setting out the principle of professionalism and transparency. 3) Selection is judged has fulfilled the aspect of professional. 4) Orientation, although informal, and delivered by introducing the condition of environment, culture and partner.
5) Training and development has done and make effect and positive influence, either for school or personnel. 6) Assessment of working is implemented by using two aspects that are aspect of quantitative and qualitative model. 7) Management and planning of career is implemented by proportional. Compensation is implemented and pay attention of direct compensation pattern and indirect compensation.
The management implementation for human resource at SD Insan Amanah Malang in the increasing effort of school quality towards the achievement of the vision and mission of the school program
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Zainuddin, M |
Keywords: | Manajemen Sumber Daya Manusia; Mutu Pendidikan Human Resource Management; Quality of Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:24 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50762 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |