Zainuddin, Zainuddin (2013) Implementasi Supervisi Pengajaran Kepala Madrasah dalam meningkatkan Profesionalisme Guru pada Lembaga Pendidikan Islam: Studi kasus pada MAN Sumenep Madura. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09710031.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan kepala madrasah di lembaga pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan memimpin lembaga pendidikan, hal yang mendasar pentingnya adanya kepala madrasah merupakan salah satu kunci keberhasilan lembaga pendidikan yang berkualitas baik dalam proses pelaksanaannya maupun out put sebagaiidealismenya, maka dari itu kepala marasah sebagai tenaga supervisor di harapakan dapat memberikan nilai yang positif (memotivasi, membina, dan mengembang kanpotensi guru) terhadap peningkatan profesionalisme guru.
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pelaksanaan supervisi pengajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN Sumenep, dengan sub fokus yang mencakup 1) perencanaan program supervisipengajaran yang dilakukan oleh kepala madrasah 2) implementasi supervisi pengajaran oleh kepala madrasah 3) kepala madrasah dalam menindaklanjuti hasil supervisi pengajaran untuk meningkatkan profesionalisme guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi; 1) observasi partisipatif, 2) wawancara mendalam, dan 3) dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dapat di analisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik trianggulasi dengan menggunakan berbagai sumber dan teori, serta ketekunan pengamatan. Sedangkan kebergantungan (dependability) dan kepastian (comfirmability) dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan program supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah disusun dan disosialisasikan setiap awal tahun bersamaan dengan penyusunan RAPBS dan bersifat menyeluruh. 2) implementasi supervisi akademik kepala madrasah meliputi kunjungan kelas, observasi, pertemuan individu, dan kunjungan antar kelas (teknikindividu) serta mengadakan rapat dengan para guru, workshop atau seminar, dan pelatihan atau penataran (teknik kelompok). Proses penilaian kepala madrasah kepada guru di implementasikan dengan melihat, dan mendengarkan ketika pelaksanaan supervisi pengajaran secara berlangsung maupun secara tidak langsung. 3) kepala madrasah dalam menindaklanjuti hasil supervisi pengajaran dilaksanakan berdasarkan hasil pelaksanaan supervisi baik secara langsung (directly: berdasarkan program supervisi) maupun secara tidak langsung (nondirectly: memperoleh informasi dari guru yang lain, walimurid, dan parasiswa) kemudian kepala madrasah mengevaluasi dengan mengadakan pertemuan kelompok dengan sesama guru.
ABSTRACT
The existence of headmaster in Islamic league education having the important role to improve the skill teach and for lead the education league, that is important thing of headmaster is one of the key successful of learning qualities education either process of learning or result base on learning process (output) as idealism. So the headmaster as supervisor can give the positive value (motivation, developing, and improving potential teachers) to expanding professional of teacher
The purpose of the research is giving expression to carrying out of learning supervision increase professional of teacher in MAN Sumenep, the focusing of research shows that 1) the planning of learning supervision program who was done by headmaster 2) the implementation of learning supervision process who was done by headmaster 3) the headmaster to continue result of learning supervision increasing teacher professional.
This research is conducted by using qualitative method in the form of case study at MAN Sumenep. The collection data are selected by 1) participation of supervision 2) an interview technique, and 3) documentation. The three technique data analysis to finding new research and can analysis are covered data reduction, display data, and verifying data. The validity of verification discovery is conducted by the researcher participation in a long time. The triangulation technique is used some other source, theory, and also observation. The dependability and comfirmability it was done by the research’s guide as dependent auditor.
The finding of the research shows that 1) the planning of supervision program who was done by headmaster is stacked and socialize every new year of learning process with the role of RAPBS 2) the implementation of learning supervision managed by headmaster are visiting class, observation, individual meeting inter class (individual technique supervision) the headmaster covered too with meeting for all teacher, workshop, and give training (the cluster technique supervision). The processing of the headmaster value to the teacher was done by observation when the expression of learning supervision process either directly or non directly 3) the headmaster to continue a result of learning supervision process it was done based supervision value either process directly (base on program supervision) or non directly (get information from the other teacher, from person responsible for a pupil and from student) afterwards the headmaster can evaluation with the teacher meeting as responsible for the good supervision.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi and Wahidmurni, Wahidmurni |
Keywords: | Kepala Madrasah; Supervisi Akademik The Headmaster; Teaching Supervision |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:24 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50742 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |