Pengaruh model pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SD Plus Al-Kautsar Blimbing Kota Malang

Adawiyah, Robiatul (2015) Pengaruh model pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas V SD Plus Al-Kautsar Blimbing Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Metode pembelajaran berbasis multiple intelligences dapat mengembangkan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh siswa dan menggali potensi yang ada pada dirinya serta mampu meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis multiple intelligences berpengaruh pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD Plus Al-Kautsar Blimbing Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design.

Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Plus Al-Kautsar Blimbing-Malang tahun ajaran 2014-2015 yang terdiri dari 4 kelas yang meliputi kelas VA (kecerdasan Natural), kelas VB (kecerdasan Interpersonal-Spasial-Visual), kelas VC (Kecerdasan Logika) dan kelas VD (kecerdasan Linguistik). Tiap masing-masing kelas diambil 20 siswa dengan ketentuan 10 siswa sebagai kategori kelas control dan 10 siswa kategori kelas eksperimen.

Instrumen yang digunakan berupa pre test dan post test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dari hasil prestasi siswa yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata prestasi belajar (post-test) siswa pada kelas eksperimen sebesar 85 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 75 Berdasarkan rata-rata prestasi di atas disimpulkan bahwa prestasi belajar PAI dengan menggunakan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences memiliki rata-rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences. Saran yang dapat disampaikan bagi guru PAI, disarankan dapat menerapkan sekaligus dapat mengembangkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dengan lebih baik, sehingga siswa mampu mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya dan menggali potensi yang ada pada dirinya serta mampu meningkatkan aktivitas dan kreativitasnya yang mengarah pada pencapaian prestasi belajar yang lebih baik.

Untuk dapat mencapai prestasi belajar PAI secara mantap dan tinggi dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis Multiple Intelligences.

ENGLISH:

Multiple intelligences based on learning methods can develop a kind of intelligence possessed by the students and explore the potential in him and be able to increase creativity and student achievement in the cognitive, affective and psychomotor student.

This study aims to know what is implementation of learning by using teaching methods based on multiple intelligences effect on student achievement in the subject of Islamic education class V SD Plus Al-Kawthar Blimbing Malang. This research is a quasi-experimental research design with pretest-posttest Nonequivalent control group design.

Samples were students of class V SD Plus Al-Kawthar Blimbing-Malang 2014-2015 academic year consisting of 4 classes which includes class VA (Natural intelligence), class VB (Interpersonal intelligence-Spatial-Visual), class VC (Intelligence Logic ) and class VD (Linguistic intelligence). Each class of 20 students drawn to the provisions of 10 students as control class categories and 10 student experiment class category.

Instruments used pre-test and post-test. The analysis technique used is normality test, homogeneity test and hypotheses test of student achievement result is completed with SPSS 16.0 for Windows.

The results of this study gained an average of students achievement (post-test) in the control class is 75, while experimental class is 85. Based on the average achievement above concluded that PAI learning achievement using Multiple Intelligences has an average better value than without using Multiple Intelligences based learning. Suggestions can be submitted for PAI teachers, it is suggested could apply as well to develop Multiple Intelligences based learning better, so that students are able to develop its intelligence and explore its potential and be able to increase the activity and creativity that leads to achievement learn more well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Prabowo, Sugeng Listyo
Keywords: Multiple Intelligences; Model Pembelajaran PAI; Prestasi Belajar; Multiple Intelligences; PAI Learning Models; Learning Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:30
Last Modified: 06 Dec 2016 10:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5074

Actions (login required)

View Item View Item