Prameswari, Sarah Prisianika (2015) Implementasi kurikulum 2013 dalam pengembangan pendidikan karakter siswa melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII G di SMP Negeri 7 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kurikulum 2013 adalah serentetan rangkaian penyempurnaan terhadap kurikulum yang telah dirintis tahun 2004 yang berbasis kompetensi lalu diteruskan dengan kurikulum 2006 (KTSP). Untuk mewujudkan cita-cita pendidikan karakter dalam kurikulum 2013, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan fungsi mata pelajaran agama. Pendidikan agama, dipandang sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki beban lebih besar untuk mendidik karakter siswa.
Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah: 1) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SMPN 7 Malang, 2) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pengembangan pendidikan karakter siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas VII G di SMPN 7 Malang, 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum 2013 dalam pengembangan pendidikan karakter siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas VII G di SMPN 7 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketiga hal tersebut. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa di SMPN 7 Malang telah melaksanakan 18 nilai-nilai karakter bangsa yang diterapkan dalam berbagai budaya dan kegiatan di sekolah. Dalam , penanaman karakter lebih banyak dikaji melalui proses pembelajaran dengan 5 M yang diharapkan peserta didik pandai dalam segi afektif, psikomotorik, dan kognitifnya. Faktor pendukung Implementasi Kurikulum 2013 dalam pengembangan pendidikan karakter siswa melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti diantaranya yaitu sarana dan Prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran, menyelenggarakan workshop tentang Kurikulum 2013 dengan mendatangkan narasumber atau pengawas sekolah untuk melatih para bapak dan ibu guru, motivasi dari para siswa dan guru agar siswa yang ada di SMPN 7 Malang menjadi sekolah yang berkarakter dan memiliki karakter yang baik, lingkungan sekolah yang nyaman dan asri. Faktor penghambat diantaranya latar belakang siswa sebelum masuk ke SMPN 7 Malang, ada yang dari sekolah umum ada yang yang dari madrasah, hal ini sedikit banyak mempengaruhi karakter para siswa itu sendiri, dalam proses penerimaan materi karena berasal dari latar belakang yang berbeda-beda ada siswa yang cuek-cuek saja, beberapa siswa yang menggantungkan sepenuhnya pelajaran dari guru, permasalahan pribadi siswa.
ENGLISH:
Curriculum 2013 is a series of improvements to the curriculum that has been initiated in 2004 and then forwarded to the competency-based curriculum, 2006 (KTSP). To realize the ideals of character education in the curriculum of 2013, one of the efforts that can be done is to maximize the function of religious subjects. Religious education, is seen as one of the subjects that have a greater burden to educate the student's character.
The focus of the research that will be tested in this study were: 1) The values of the characters are developed in SMPN 7 Malang, 2) Implementation of Curriculum 2013 in the development of student character education through the Islamic Education and character of class VII G in SMPN 7 Malang, 3) factors of supporting and inhibiting the implementation of Curriculum 2013 in the development of student character education through the Islamic Education and character of class VII G in SMPN 7 Malang. This study aimed to describe three things. Methods of Data collected were through observation, interviews, and documentation. To analyze the data, the author used a qualitative descriptive analysis technique.
Results of the study revealed that in SMPN 7 Malang had conducted 18 national character values that were applied in different cultures and at school activities. In, planting more characters studied through a learning process with 5 M ,learners were expected to be good and affective, psychomotor, and cognitive.
Factors of supporting the implementation of Curriculum 2013 in the development of student character education through the Islamic Education and character of facilities and infrastructure that supported the learning process, organized a workshop on curriculum 2013 to bring a resource or school supervisors to train teachers, the motivation of students and teachers so that students in SMPN 7 Malang became the school of character and has a good character, school environment comfortable and beautiful. While the inhibiting factors in the background of the student were before entering into SMPN 7 Malang, some from public schools there that were from the madrassa, this affected the character of the students themselves, in the process of receiving the material because it came from a different background, some students who depend entirely lessons from teachers, students' personal problems.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum 2013; Pendidikan Karakter; Pendidikan Agama Islam; Curriculum 2013; Character Education; Islamic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:29 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5073 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |