Rizqi, Ridho (2015) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam melalui budaya religius di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam melalui budaya religius, adalah suatu upaya pembangunan karakter pada manusia agar menjadi insan kamil, akan tetapi upaya pembelajaran pendidikan Islam saat ini ketika hanya melalui metode ceramah dengan mendalami teori-teori tanpa praktik itu, membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karenanya upaya agar pembelajaran pendidikan Agama Islam bisa cepat melekat pada peserta didik maka dibutuhkan pembiasaan-pembiasaan religius yang memupuk jiwa spiritual siswa dalam menghadapi era globalisasi. Sehingga tetap bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan yang Maha Kuasa.
Berdasarkan latar belakang yang ada, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah: a. Konsep apakah yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan Agama Melalui pembiasaan budaya religius ? b. Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran agama melalui pembiasaan budaya religius ? c. Bagaimanakah pelestarian pembiasaan budaya religius, di Sekolah Dasar Plus Al-kautsar Malang? Adapun Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui keunikkan dari konsepan pada objek yang di teliti, memahami strategi atau cara dalam pelaksanaan pembelajaran PAI melalui pembiasaan budaya religious, mengetahui adanya strategi pelestarian serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI melalui pembiasaan budaya religius di Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deksripsif, dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan tujuan untuk memberikan gambaran gejala tertentu dan menjawab pertanyaan suatu penelitiian yang berkenaan dengan what, how atau why. Adapun tekhnik pengambilan data disini melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Dengan mewawancarai 8 informan dari pihak SD Plus Al-kautsar Malang yaitu: KABID (Ketua Bidang ) Humas, KABID(Ketua Bidang) Kesiswaan, Guru PAI, Guru BK, Siswa kelas Empat Siswi kelas Empat, KABID Akademik, serta Kepala sekolah Sekolah dasar Plus Al-kautsar Malang. Dalam rangka memperoleh data melalui wawancara sesudah melakukan observasi, dan tahap terakhir yaitu memperoleh data dari dokumentasi-dokumentasi di lapangan
Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa (1) konsepan pembelajaran pendidikan agama Islam ini melalui jenis-jenis kegiatan religius yang berada dalam garis intra, dalam artian melalui pembiasaan-pembiasaan yang ada di sekoah. (2) dengan proses pelaksanaan pembelajarannya melalui pembiasaan budaya 7 S yaitu (salim, salam, sapa, senyum, santun, sabar, dan sehat). (3)Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam melalui budaya religious tersebut secara umum berjalan dengan baik, pembiasaan-pembiasaan sederhana tersebut, jika dilakukan secara kontinu maka hasilnya akan efektif dan istiqomah, memupuk dalam jiwa peserta didik sehingga, kegiatan tersebut bisa berhasil sesuai dengan visi, misi dari pihak sekolah.
ENGLISH:
The implementation of Islamic education instruction by religious culture, is an effort to build human characteristic to be insan kamil, but the effort of Islamic education instruction if apply with speech method and more emphasize with the theory and less practice, need a long time to get it. Because Islamic education instruction can more adhere by student so they need religious habitual that can increase spiritual quotient of learner to face the globalization. So it can increase belief and god fearing to Allah.
According to the background, can get the focus of research, there are: (a) What the concept of Islamic education instruction by religious culture? (b) How the process of Islamic education instruction by religious culture? (c) How to preservation religious culture in Al-Kautsar elementary school of Malang?. The purpose of this research are to understand the unique concept by religious culture, understand the strategy or method in Islamic education instruction by religious culture, understand the strategy of preservation, the endorser factor and inhibition factor in Islamic education instruction by religious culture in Al-Kautsar elementary school of Malang.
This research use qualitative method with the descriptive approach, with the kind of research by case study. With the purpose to give visible image of certain indication and answer the focus of research that related with what, how or why. The technique of collecting data that use in this research are observation, interview , and also documentation. With the eight informant from Al-Kautsar elementary school, they are:, headmaster deputy of public relation affair, headmaster deputy of student affair, Islamic education teacher, guidance and counseling teacher, student of 4th class, headmaster deputy of academic affair, and headmaster of Al-kautsar elementary school of Malang. Then collecting data by interview, after doing observation, and the last step is documentation.
The result of this research can understand that (1) the concept of Islamic education instruction by many kinds of religious activity in the intra-line, it mean by the habitual in the school. (2) with the application of instruction process by 7 S culture, there are (salim, salam, sapa, senyum, santun, sabar, dan sehat). (3) Generally, the implementation of Islamic education instruction by religious culture done rightly, this simple habitual if doing by continuous can get effective result, and increase the spiritual quotient of student. so this activity can successful related by vision and mission of the school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Pembiasaan Budaya Religius; Islamic Education Instruction; Religious Culture | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:37 | ||||||
Last Modified: | 05 Jan 2017 11:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5068 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |