Responsive Banner

Desain dan implementasi Computer Assisted Instruction pada pembelajaran Ilmu Faroid menggunakan metode Drill and Practice

Badriyah, Riqqotul (2012) Desain dan implementasi Computer Assisted Instruction pada pembelajaran Ilmu Faroid menggunakan metode Drill and Practice. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
07650021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Ilmu faroid merupakan ilmu yang harus dipelajari karena manusia akan mengalami dua keadaan yaitu hidup dan mati maka dari itu manusia membutuhkan pemahaman dalam ilmu faroid untuk mengetahui pembagian harta waris sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah yang shahih.

Penggunaan teknologi berbasis computer dalam bidang pendidikan merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi. Adapun pembelajaran yang dibantu komputer dikenal dengan nama “Computer Assisted Instruction” (CAI).

Pada penelitian ini aplikasi yang dibangun dan dirancang adalah implementasi CAI yang berupa aplikasi pembelajaran Ilmu Faroid. Pada aplikasi ini menggunakan metode drill and practice yang diterapkan pada proses soal latihan. Berdasarkan hasil uji coba, aplikasi ini dinyatakan layak guna sebagai media pembelajaran ilmu Faroid.

ABSTRACT

“Faroid” is a knowledge that must be learned because people will have two state of the living and the dead man. Therefore, human requires an understanding of “faroid” to determine the distribution of the estate in accordance with the Qur'an and authentic Sunnah.

The use of computer-based technologies in education is a way to produce or extend the material. Besides, the computer-assisted learning is known as the "Computer Assisted Instruction" (CAI).

In this research, application which is built and designed is the implementation of CAI in the form of “Faroid” learning application. In this application uses the method of drill and practice as applied to the practice questions. Based on trial results, the application is declared eligible as a medium for learning “Faroid”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zaman, Syahiduz and Fatchurrochman, Fatchurrochman
Keywords: Pembelajaran; Drill and Practice; CAI; Learning; Drill and Practice; CAI
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 01 Jul 2023 05:46
Last Modified: 01 Jul 2023 05:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50654

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item