Penerapan metode the power of two dalam meningkatkan hasil belajar materi pokok menginfakkan harta di luar zakat: Studi kasus di MTsN Pagu Kediri

Devi, Rizka Wahyu Rahmah (2015) Penerapan metode the power of two dalam meningkatkan hasil belajar materi pokok menginfakkan harta di luar zakat: Studi kasus di MTsN Pagu Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11110020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Strategi pembelajaran the power of two termasuk bagian dari active learning yang merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan belajar lebih aktif dengan pemberian tugas belajar yang dilakukan dalam kelompok kecil siswa. Metode The Power of Two adalah berarti menggabungkan kekuatan dua kepala. Menggabungkan dalam hal ini adalah membentuk kecil, yaitu masing-masing siswa berpasangan. Kegiatan ini dilakukan agar munculnya suatu sinergi yakni dua kepala lebih baik dari satu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan hasil metode The Power of Two dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada Pelajaran Fiqih Materi Pokok Menginfakkan Harta Diluar Zakat di kelas VIII F MTsN Pagu Kediri.

Berdasarkan latar belakang yang ada maka, permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah: a. Bagaimana penerapan metode The Power of Two dalam upaya meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Materi Pokok Menginfakkan Harta Diluar Zakat kelas VIII F di MTsN Pagu Kediri? b. Bagaimana hasil metode The Power of Two dalam upaya meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Materi Pokok Menginfakkan Harta Diluar Zakat kelas VIII F di MTsN Pagu Kediri? Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah mengetahui bagaimana penerapan metode The Power of Two dalam upaya meningkatkan hasil belajarpada Pelajaran Fiqih Materi Pokok Menginfakkan Harta Diluar Zakat di kelas VIII F MTsN Pagu Kediri. Mengetahui hasil metode The Power of Two dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada Pelajaran Fiqih Materi Pokok Menginfakkan Harta Diluar Zakat di kelas VIII F MTsN Pagu Kediri.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, data diperoleh dari hasil observasi, tes, dan dokumentasi penelitian tindakan kelas VIII F di MTsN Pagu Kediri. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dalam 4 pertemuan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisis diperoleh nilai rata-rata siswa pada pra siklus yang menggunakan metode konvensional 70,45 sedangkan pada siklus I mencapai 84,77 dan siklus II 89,77 dan pada evaluasi ulangan harian nilai rata-rata siswa 90,23. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasanya metode pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Fiqih pada materi pokok Menginfakkan Harta Di Luar Zakat di kelas VIII F MTsN Pagu Kediri.

ENGLISH:

The learning strategy of the power of two is one of the active learning claimed as one of good method to improve the learning outcome actively by giving assignments performed by a small student group. The power of two defined as combining the power of double heads, or a small building performed by students, who are arranged in pairs. This activity was performed to establish a synergy within two heads, which is expected to become better than single head. This research was designed to identify the application of the power of two method regarding the improving of student learning outcomes in the subject of fiqh at MTsN Pagu Kediri for class 8th - F.

Based on the problem mentioned above, the problem focussed in this work were : a). How the power of two method applied regarding to improve the student learning outcome at MTsN Pagu Kediri for class 8th - F was; b). What the results of the application of the power of two method, which was applied at MTsN Pagu Kediri for class 8th - F were. Therefore, this work was aimed to know how was the power of two method applied regarding to improve the student learning outcome at MTsN Pagu Kediri for class 8th - F and what were the results of the application of the power of two method, which was applied at MTsN Pagu Kediri for class 8th - F.

This research was performed using a classroom action research. The data was obtained by observing, testing, and documenting the classroom actions. This research contained two cycles and four meeting, which each cycle contained planning, action, observation, and reflection. According to the data analysis, the average score of pre cycle student was 70.45, which the method was conducted using a conventional method. Wheras the first cycle student score, second cycle student score, and the average of student daily test score was 84.77, 89.77, and 90.23 respectively. Hence, the research evidenced that the power of two can improve the student learning outcome in the subject of fiqh at the chapter giving worth other than alms at MTsN Pagu Kediri for class 8th - F.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin
Keywords: Menginfakkan Harta Di Luar Zakat; The Power of Two; Active Learning; Giving worth other than alms; the power of two method; active learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:34
Last Modified: 06 Dec 2016 10:34
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5064

Actions (login required)

View Item View Item