Mubarok, Nuril Qodri (2015) Pembelajaran efektif di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso: Studi tentang upaya guru PAI mewujudkan pembelajaran efektif. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11110016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (790kB) |
Abstract
INDONESIA:
Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso bisa dibilang madrasah yang berhasil dalam mewujudkan tujuan pendidikan serta juga manajemen yang diterapkan sangatlah baik. dimana juga fasilitas yang berbasis teknologi terus dikembangkan. Yang mana tidak lain hal ini agar semua kegiatan pembelajaran itu bisa berjalan efektif sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Pembelajaran efektif adalah kegiatan siswa belajar dan guru mengajar sehingga pembelajaran tersebut mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan yang direncanakan. efektifitas adalah keadaan yang menunjukan sejauh mana suatu kegiatan yang direncanakan atau diinginkan dapat terlaksana dengan baik. Dalam mewujudkan pembelajaran efektif, hal penting yang perlu dilakukan adalah menyusun perencanaan pembelajaran, Penguasaan bahan pengajaran, Variasi metode, Guru mampu mengusai kelas, Guru memberikan riward/ hadiah, Guru melakuan eveluasi secara benar.
Adapun permasalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di MAN Bondowoso, 2. Metode yang digunakan guru PAI dalam mewujudkan pembelajaran efektif, 3. Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam mewujudkan pembelajaran efektif di MAN Bondowoso. Adapun Tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI di MAN Bondowoso, 2. Untuk mengetahui metode yang digunakan guru PAI dalam mewujudkan pembelajaran efektif di MAN Bondowoso, 3. Untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam mewujudkan pembelajaran efektif di MAN Bondowoso.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dibaagi menjadi empat tahapan yakni tahap pra-lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh: 1. Proses belajar mengajar siswa terhadap pendidikan agama Islam di MAN Bondowoso dapat dikatakan cukup baik, 2. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan pembelajaran efektif di MAN Bondowoso sebagai berikut: Perencanaan pembelajaran, Penguasaan bahan pengajaran, Variasi metode, Guru mampu mengusai kelas, Guru memberikan riward/ hadiah, Guru melakuan eveluasi secara benar, 3. Faktor yang mendukung dan menghambat terwujudnya pembelajaran efektif di MAN Bondowoso sebagai berikut: Faktor yang mendukung ada dua yaitu faktor intrinsik dan faktor ektrinsik, sementara faktor yang menghambat efektifitas Belajar Siswa diantaranya: Kondisi Siswa, Kondisi Lingkungan Siswa, Kondisi Keluarga Siswa, dan Kondisi Guru.
ENGLISH:
Islamic Senior high school Bondowoso arguably succeeded in realizing the goals of education as well as the applied management is very good. where technology-based facility also being developed. Which is none other than this so that all the learning activities that can be run effectively so that educational goals can be achieved. Effective learning is an students learn activity and teachers teach, so that learning to get the most out according to the planned destination. effectiveness is a state that shows the extent to which an planned activity or desired can be implemented properly. In order to realize effective learning, the important thing to do is preparing lesson plans, teaching materials Mastery, variation method, able to master class teacher, teacher gives reward / gifts, teacher performs eveluation correctly.
The problems in this research are: 1. How is the implementation of learning PAI in MAN Bondowoso, 2. The method used PAI teachers in realizing effective learning, 3. What are the factors that support and hinder in creating effective learning at MAN Bondowoso. The purpose of this study are: 1. To investigate the implementation of PAI learning at MAN Bondowoso, 2. To determine the method used by PAI teachers in realizing effective learning in MAN Bondowoso, 3. To find out what the factors are that support and hinder in creating effective learning in MAN Bondowoso.
The approach used in this study is a qualitative approach. Data collection techniques in this research is through observation, interviews, and documentation. This study divided into four stages namely the pre-court stage, the stage of field activities, the stage of data analysis, and report writing phase.
From these results obtained: 1. The learning process of students towards Islamic religious education at MAN Bondowoso can be quite good, 2. Efforts Islamic Education Teachers in creating effective learning in MAN Bondowoso as follows: Planning learning, mastery of teaching materials, Variation methods Master able to master the class, Master gave reward / gifts, teacher performs evaluation correctly, 3. factors that support and hinder the realization of effective learning in MAN Bondowoso as follows: there are two factors that support that is intrinsic and extrinsic factors, while inhibiting factor Student effectiveness include:condition of Students, Student Environmental Condition, Condition of Family Student, Teacher and Conditions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektifitas Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Learning Effectiveness; Islamic Religious Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:38 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5059 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |