Fadli, Moh (2015) Implementasi konsep multiple intelligences dalam mewujudkan sekolah yang unggul: Studi kasus di SD Plus Al-Kautsar Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kunci pokok kemajuan suatu bangsa dan Negara adalah salah satu terletak pada bidang pendidikan. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan ditempuh dengan membuka sekolah-sekolah unggulan. Sekolah unggulan dipandang sebagai salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Tidak menutup kemungkinan, manusia unggul mempunyai hak untuk mengembangkan potensinya disekolah yang unggul pula. Namun fenomena sekarang, peserta didik yang ingin mengembangkan potensinya di sekolah unggul, harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu diantaranya yaitu tes formal baik tes tulis maupun non tulis. Tes tersebut cenderung untuk mengetahui kecerdasan pengetahuan (kognitif) seorang peserta didik saja namun kecerdasan yang lainnya belum seluruhnya diketahui. Maka dari itu konsep Multiple intelligences (MI) jika diterapkan dalam dunia pendidikan, pendidikan tersebut akan mengalami banyak koreksi salah satunya pada system penerimaan peserta didik baru serta dalam memberikan pembelajaran dalam kelas maupun di luar kelas. Konsep MI memandang manusia selalu mempunyai kelebihan tersembunyi minimal satu kecerdasan, dengan konsep ini input yang biasaakan dijadikan luarbiasa. output yang luar biasa merupakan cerminan dari sekolah unggulan, yang mampu merubah inputnya bermutu rendah menjadi mutu yang brilian.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana desain Multiple Intellegence di SD Plus Al-Kautsar Malang, (2) Bagaimana implementasi konsep Multiple Intelligences dalam mewujudkan sekolah yang unggul di SD Plus Al-Kautsar Malang.Adapun Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana desain Multiple Intelligences di SD Plus Al-Kautsar Malang, (2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep multiple intelligences dalam mewujudkan sekolah yang unggul di SD Plus Al- Kautsar Malang.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, karena peniliti akan melaporkan hasil penelitian tentang Implementasi Konsep Multiple Intelligences Dalam Mewujudkan SekolahUnggul (Studi Kasus di SD Plus Al-Kautsar Malang). Kemudian mendeskripsikan dan memadukan dengan konsepsi teori yang ada. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, penulis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Teknik analisa deskriptif penulis gunakan untuk menentukan, menafsirkan, serta menguraikan data yang bersifat kualitatif yang penulis peroleh dari metode observasi, dokumentasi, wawancara. Data-data yang terkumpul, kemudian dianalisa berdasarkan pada pemahaman wawancara secara mendalam, menaganalisa dan bolak balik sesuai keperluan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Desain Multiple Intelligences di SD Plus Al-Kautsar Malang terdapat 3 hal penting yaitu Input, The Best Process, Output. (2) Implementasi Multiple Intelligences di SD Plus Al-Kautsar Malang berdasarkan desain MI, terdapat beberapa tahapan diantaranya adalah (a) Multiple Intellegence Research (MIR) dimana kecenderungan kecerdasan siswa dapat diketahui dari tes ini sehingga hasil MIR akan dapat digunakan oleh guru sebagai pedoman untuk menyesuaikan gaya mengajarnya dengan gaya belajar siswa (b) Pengelompokkan Kelas Berdasarkan Kecenderungan Kecerdasan peserta didik untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar bagi guru untuk menerapkan metode yang tepat dengan sesuai kecenderunggan kecerdasannya (c) The Best Process diantaranya dalam proses pembelajaran yang bermutu, pengembangan potensi guru yang professional dan Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik (d) Evaluasi Penerapan MI di SD Plus Al-Kautsar untuk mengukur sejauh mana hasil penerapan MI kepada gurunya maupun siswanya.
ENGLISH:
One of the key point of a nation and state progress is having great education. Efforts to improve the quality of education reached by building the excellent schools. Excellent schools is seen as one effective alternative to improve the quality of education while improving the quality of Human Resources (HR). Being possibility, potential people has the right to develop their potential at excellent school anyway. But the phenomenon now is, students who wish to develop their potential in the school, must go through several stages the first of which is a formal test both written and non-written test. The tests tend to know the intelligence of knowledge (cognitive) of person only but other intelligence has been not entirely known yet. If the concept of multiple intelligences (MI) applied in education, so it will have a lot of correction, one of them is in the system of the acceptance of new students to provide learning in the classroom and outside. The concept of MI saw man always that man has potential at least one hidden intelligence, with this concept standard input will be made tremendous input. Exceptional output is a reflection of the excellent schools, which is able to change the low-quality input into a brilliant quality.
Based on this background, the formulation of the problem is (1) How to design Multiple Intelligence in SD Plus Al-Kautsar of Malang, (2) How is the implementation of the concept of Multiple Intelligences in creating excellent schools at SD Plus Al-Kautsar of Malang. The purpose of this study is (1) To know how to design Multiple Intelligences in SD Plus Al- Kautsar of Malang, (2) To know how the implementation of Multiple Intelligence s concept in creating excellent school at SD Plus Al-Kautsar of Malang.
.This study used a qualitative descriptive, because researcher will report the results of studies on the implementation of concept of Multiple Intelligences In creating excellent school (case Study in SD Plus Al-Kautsar of Malang). Then describe and integrate with existing theories conception.
Data collection is done by using observation, documentation, interviews, the researcher used a qualitative descriptive analysis technique. Descriptive analysis techniques were used to determine, interpret, and describe qualitative data that the researcher obtained from the method of observation, documentation, interviews. The data were collected, then analyzed based on the understanding of in-depth interviews.
The results showed that (1) Design of Multiple Intelligences in SD Plus Al-Kautsar of Malang, there are three important things, namely Input, The Best Process, Output. (2) Implementation of Multiple Intelligences in SD Plus Al-Kautsar of Malang based MI design, there are several steps which are (a) Multiple Intelligence Research (MIR) which the tendency of intelligence of students can be seen from these tests so that the results of the MIR will be used by teachers as a guide to adjust their teaching style to the student's learning style (b) Grouping Class Based Intelligence tendency of students to facilitate the learning process for teachers to apply appropriate methods to their intelligence (c) The Best Process of them in the learning process quality, development potential of professional teachers and the development of talents and interests of students (d) Evaluation of Application of MI in SD Plus Al-Kautsar to measure the extent of application result of MI to the teacher and students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multiple Intelligences; Sekolah Unggul; Excellence School | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:38 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5057 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |