Rofiqoh, Siti Uswatul (2015) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Luqman Al-Hakim: Telaah surat Luqman ayat 12-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDOENSIA:
Pendidikan karakter merupakan suatu kekuatan yang sanggup menjaga manusia dari perbuatan-perbuatan yang rendah dan nista, serta pendorong terhadap perbuatan yang baik dan mulia. Pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasan (feeling), dan tindakan (action).
Nilai-nilai pendidikan berdasarkan surat Luqman merupakan asas pendidikan yang harus dijadikan panduan oleh setiap orang tua pada masa kini. Luqman al-Hakim telah mengemukakan kaedah pengajaran dan persembahan isi pendidikan yang tersusun rapi, sehingga sangat diperlukan untuk perkembangan pendidikan Islam di masa kini. Beliau menekankan perkara perintah dan larangan yang diiringi pula dengan alasan yang munasabah. Aspek perintah meliputi asas kesempurnaan beragama, kepercayaan kepada hari akhirat dan keutamaan berakhlak mulia. Sementara aspek larangan merangkum larangan syirik dan sifat sombong.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui dan mendeskripsikan lebih dalam tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kisah Luqman al-Hakim pada surat Luqman ayat 12-19, (2) mengetahui dan mendeskripsikan lebih dalam tentang metode yang digunakan untuk membentuk nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Luqman al-Hakim pada surat Luqman ayat 12-19.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library reseach), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku, atau artikel-artikel yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Data-data diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi yang diambil dari al-Qur’an, as-Sunnah, buku-buku, kitab-kitab muktabar, jurnal, dan ensiklopedia. Kitab tafsir yang muktabar menjadi rujukan utama oleh penulis untuk memahami sesuatu ayat. Data-data dianalisis menggunakan kaedah induktif, deduktif, dan komparatif. Selain itu, penulis juga menggunakan metode maudhu’I atau tematik dan metode hermeunetik.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12-19 meliputi tiga aspek, yakni pendidikan aqidah, pendidikan syariah, dan pendidikan akhlak. Pendidikan aqidah meliputi larangan menyekutukan Allah SWT dan meyakini adanya tempat kembali. Sedangkan pendidikan syariah, meliputi perintah mendirikan shalat, dan perintah amar ma’ruf nahi munkar. Yang terakhir, pendidikan akhlak dalam nasehat Luqman kepada anaknya meliputi, bersyukur atas nikmat Allah, berbuat baik kepada kedua orang tua, larangan berbuat sombong, dan perintah untuk berbicara sopan. (2) metode untuk mewujudkan pendidikan karakter ialah dengan cara mau’izah. Baik secara langsung mapun dengan cara tazkir, yakni peringatan.
ENGLISH:
Character education is a power which is able to keep humans away from bad (low quality) behaviors and it encourages them to do good and noble things. Character education is an attitude involving cognitive aspect, feeling aspect, and action aspect.
Based on surat Luqman, education values are the basic principle of education which have to be a guidance for each parent today. Luqman Al-Hakim asserted that a well-arranged teaching norm and education’s content need enhancing in today’s Islamic education. He strongly emphasized a command and prohibition aspects followed by an introspection (munasabah) reason. Command aspects cover religious comprehension principle, belief of here after, and excellence of decency, while prohibition aspects cover syirq and arrogance behavior.
The objectives of the study are to (1) know and describe in detail about values of character education as stated in Luqman Al-Hakim’s story in surat Luqman ayat 12 to 19, (2) know and describe more about methods used to build character education as stated in Luqman Al-Hakim’s story in surat Luqman ayat 12 to 19.
To accomplish the objectives of the study, applied a qualitative research approach by using a library research based on data in the form of scripts, books or article. The data are obtained by using documentation method taken from al-Qur’an, sunnah, books, muktabar book, journals and encyclopedias. Furthermore, tafsir book is chosen as the main reference by the researcher to comprehend ayat. The data are, then, analyzed practicing inductive, deductive and comparative rules. Besides, the researcher also uses maudhu’i (thematic) method and hermeunetic method.
This research finally finds the results showing that (1) the Islamic education values in surat Luqman ayat 12 to 19 consist of three aspects: aqidah (belief) education, syari’ah (Islamic law) education, and akhlaq (ethics) education. Aqidah education covers a prohibition of being syirq and a belief of here after, while syari’ah education consists of a command to do sholat (pray) and a command to do ‘amr ma’ruf nahi munkar. At last, akhlaq education, in Luqman’s advice to his son, covers command of being thankful for all ni’mat given by Allah, treating parents well, avoiding being arrogant and speaking politely, (2) the method used to realize education character is by mau’izhah whether in direct way or takzir (warning).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muslimin, Imam | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kisah Luqman Al-Hakim; Character education; Story of Luqman Al-Hakim | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:39 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5056 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |