Efektifitas pengajaran berprogram terhadap minat belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs. Al Maarif 2 Singosari Kabupaten Malang

Azis, Ilmi Fadli (2015) Efektifitas pengajaran berprogram terhadap minat belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs. Al Maarif 2 Singosari Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09110146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Pengajaran berprogram merupakan proses interaksi guru dan murid yang terjadi secara langsung dengan perantara sebuah alat yang merupakan suatu bentuk perwujudan dari teknologi yang diprogram, baik secara sederhana ataupun sangat komplek, dengan maksud untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan, minat adalah gejala psikis yang ada pada seseorang yang direalisasikan dengan perasaan senang dan mewujudkan perhatian yang terpusat pada obyek, sehingga orang tersebut mempunyai kecenderungan untuk melaksanakannya. Penelitian ini menjawab dua permasalahan, yaitu tentang bagaimana proses pelaksanaan pengajaran berprogram di MTs. Al Maarif 02 Singosari Kabupaten Malang dan bagaimana efektifitas pengajaran berprogram terhadap minat belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs. Al Maarif 02 Singosari Kabupaten Malang.

Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis deskriptif atas dasar berangkat dari suatu teori dan gagasan para ahli tentang bentuk penerapan model pengajaran berprogram di sekolah, dalam mengefektifkan minat belajar siswa terutama bidang studi Al-Qur’an Hadits, yang kemudian dikembangkan manjadi permasalahan-permasalahan yang diajukan untuk memperoleh kebenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan dan empiris di lapangan. Penelitian dilakukan di MTs. Al Maarif 02 yang bertempat di Jalan Sidorejo 55, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Populasinya adalah seluruh siswa MTs. Al Maarif 02 Singosari. Dalam hal ini, peneliti menggunakan sampel untuk mewakili obyek yang akan diteliti yaitu siswa kelas VIII B yang berjumlah 31 anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengajaran berprogram dilakukan melalui proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang ternyata diketahui mempunyai hubungan yang sangat efektif terhadap minat belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs. Al Maarif 02 Singosari.

ENGLISH:

Teaching with technology is a direct interaction process between students and teacher which involves the use of the simplest or most sophisticated forms of programmed technological devices to achieve education goals. In addition, interest is a psychological inclination indicated by someone’s passion over something and someone’s willingness to give full attention on something which motivates his action. This research was conducted in MTs. Al Maarif 02 which is located at Jln. Sidorejo 55 Singosari Malang. The population is all of the students in this school. In this case, the samples to represent the object studied are 31 students of class VIII B.

This research is a quantitative study which is based on the theoretical reviews and ideas of the experts about the use of teaching with technology to enhance students’ interest mainly in the study of Alqur’an Hadits. This basis is developed into problems to be tested through the use of the empirical study of the collected data. This research shows that teaching with technology effectively enhances students’ interest in studying Alqur’an Hadits at MTs. Al Maarif 02 Singosari Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mujtahid, Mujtahid
Keywords: Pengajaran Berprogram; Minat Belajar;
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:38
Last Modified: 06 Dec 2016 10:38
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5051

Actions (login required)

View Item View Item