Zuhro’, Fatimatuz (2014) Pemikiran Pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy’ari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110267.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Melihat realitas kehidupan manusia saat ini, posisi etika sering terabaikan dan tersingkirkan. Mereka terlampau jauh terjerumus dalam dunia materialisme, sehingga mereka terlalu percaya pada kemampuan mereka sendiri dengan seperangkat logika rasionalistik positivistik yang menjadi pondasi bagi bangunan pemikiran dan aksinya. Oleh karena itu, diperlukan kajian lebih mendalam tentang pendidikan beretika dari beberapa literatur klasik maupun modern yang akan memberikan sumbangan terhadap pemikiran tersebut. Jika kita meninjau ulang kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari, maka terdapat risalah pendidikan yang memuat tentang pendidikan beretika khususnya tentang nilai-nilai karakter yang harus dimiliki baik oleh pendidik maupun peserta didik. Berangkat dari permasalahan di atas, maka penelitian menjadi urgen untuk dilakukan. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Konsep Pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy’ari?, 2. Bagaimana Pendekatan Pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy’ari?
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data primer berasal dari personal document yaitu kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dan sumber sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal, artikel dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan konsep pendidikan beretika pendidika dan peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Pemikiran Pendidikan menurut K.H. Hasyim Asy’ary yang terdapat dalam kitab Adab al-alim wa al- muta’allim yang terdiri dari 8 bab yang berisi tentang, Kelebihan ilmu dan ilmuwan, etika yang harus dicamkan dalam diri peserta didik, etika seorang peseta didik terhadap pendidik, etika seorang peseta didik terhadap pelajaran, etika pendidik terhadap dirinya, etika pendidik terhadap pelajaran, etika pendidik terhadap peserta didik, etika pendidik dan peserta didik terhadap buku. (2). Pendekatan Pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy’ari yaitu lebih memperlihatkan kepada perpaduan antara teoritisi dan praktisi. Sebagai teoritisi, terlihat pada gagasan dan pemikiriannya yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat serta situasi kultural pada zamannya. Sedangkan sebagai praktisi, terlihat pada upaya melaksanakan gagasan dan pemikirannya itu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pemikiran Pendidikan Islam; K.H. Hasyim Asy’ari | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2016 10:44 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 08:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5042 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |