Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Dau Kab. Malang

Efendi, Mahmud (2015) Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Dau Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09110035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Pemberlakuan Kurikulum 2013 merupakan komitmen pemerintah dalam rangka usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia mendapatkan respon pro dan kontra dari berbagai kalangan akademik. Upaya pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberlakukan pada tahun ajaran 2013-2014 menimbulkan banyak kendala. Banyak para pendidik yang merasa bingung dengan kebijakan pemerintah yang baru ini, termasuk guru Pendidikan Agama Islam. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 1 Dau Kab. Malang dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Dau Kab. Malang”.

Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Dau Kab. Malang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kurikulum 2013 mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Dau Kab. Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar guru Pendidikan Agama Islam kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui. (1) Wawancara (interview), (2). Pengamatan (observasi) dan (3). Dokumentsi. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan: (1). Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan mengunakan analisa deskriptif, (2). Teknik keabsahan data dengan mengunakan triangulasi sumber data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Dau Kab. Malang diperoleh bahwa secara umum sudah berjalan dengan berjalan dengan baik mulai tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi kurikulum 2013 adalah (1) Adanya dukungan Dinas Pendidikan dan sekolah dalam memfasilitasi sosialisasi berupa workshop atau seminar terkait metode pendekatan saintifik, penilaian dan teknik mengajar. (2) Keikutsertaan guru bidang studi dalam sosialisasi, worshop dan terkait metode pendekatan saintifik, penilaian dan teknik mengajar. (3) Motivasi tinggi guru bidang studi dan, (4) Intergrasi nilai karakter pada semua mata pelajaran.

Saran pada penelitian implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN I Dau Kabupaten Malang yang dapat disampaikan penulis adalah pelatihan yang lebih terhadap guru bidang studi dalam menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, perhatian yang lebih terhadap peserta didik dalam pembelajaran, dan adanya inovasi dan kreatifitas guru dalam menggunakan sumber belajar yang ada guna mendukung pembelajaran.

ENGLISH:

The Enforcement of Curriculum 2013 is a commitment of the government in order to attempt to improve the quality of education in Indonesia get a response pros and cons of various academic circles. The curriculum implementation effort in 2013 which came into force in the academic year 2013-2014 raises many problems. Many educators who are confused by the new government's policies, including the Islamic Education teachers. Based on that researchers conducted a study in State Junior High School 1 district Dau Malang with the title "Implementation of Curriculum 2013 Subject Islamic Education in SMP Negeri 1 Dau district. Unfortunate ".

The objectives of this study were: (1) To know the curriculum implementation in 2013 eyes of Islamic education lessons at State Junior High School 1 district Dau Malang. (2) To determine the factors supporting and inhibiting curriculum eye 2013 Islamic education lessons at State Junior High School 1 district Dau Malang. To achieve these objectives, this study used qualitative research by taking the background of Islamic Education teacher of class VIII. Technique data collecting through. (1) Interview, (2). Observation and (3). Documentation. Further data analysis is done by: (1). Analysis for the data collection inductively by using descriptive analysis, (2). Technique authenticity of data by using triangulation of data sources.

The results showed that the implementation of Curriculum 2013 in Subjects Islamic Education in State Junior High School 1 district Dau Malang Obtained unfortunate that in general has been running with running properly start preparation stage to the evaluation stage. While supporting factors in the implementation of the curriculum in 2013 were (1) There is support for the Department of Education and the school in the form of facilitating dissemination workshop or seminar related scientific approach, assessment and teaching techniques. (2) The participation of teachers in the dissemination, workshops and related methods of scientific approach, assessment and teaching techniques. (3) High motivation of teachers and, (4) Integration of the value of the character in all subjects.

Suggestions on curriculum implementation study in 2013 on the subject of Islamic education at State Junior High School 1 district Dau Malang is a writer who can be delivered more training for subject teachers in learning to apply scientific approach, more attention to the learners in the learning and innovation and the creativity of teachers in the use of learning resources available to support learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ali, Nur
Keywords: Implementasi Kurikulum 2013; Pendidikan Agama Islam ; Implementation of Curriculum 2013; the Islamic Education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:40
Last Modified: 06 Dec 2016 10:40
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item View Item