Irfan, Zulkarnain (2015) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan mental siswa-siswi di Sekolah Menengah Pertama Al–Aziziyah Kebonsari Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110261.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam kaitannya dengan upaya pembinaan karakter dan mental para siswa-siswi, pembiasaan dalam mengamalkan ibadah atau akhlak yang mulia dan sikap apresiatif terhadap ajaran agama. Pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di sekolah khususnya diharapkan mampu membentuk kepribadian siswa agar dapat mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran agama Islam.
Dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam membina mental siswa-siswi di SMP Al-Aziziyah Sidoarjo, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru Agama Islam dalam membina mental siswa-siswi di SMP Al-Aziziyah Sidoarjo, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membina mental siswa-siswi di SMP Al-Aziziyah Sidoarjo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dalam penelitian ini hanya sebagai instrumen pendukung. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaannya sudah baik, terbukti dengan dilaksanakannya sholat dhuha berjamaah di mushola, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran di kelas. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan beberapa metode, media, dan evaluasi yang disesuaikan dengan materi bahasan untuk memperlancar proses belajar mengajar.
Pembelajaran PAI yang dilaksanakan di SMP Al-Aziziyah Sidoarjo membawa dampak yang besar terhadap perubahan sikap siswa. Untuk mencapai keberhasilan PAI dalam membina mental siswa-siswi perlu adanya pengintegrasian materi keagamaan ke dalam mata pelajaran non- PAI.
Kemudian, faktor penghambat dalam pembelajaran PAI adalah keterbatasan waktu, biaya, personalia,serta penerapan kurikulum yang belum efektif. Namun ada beberapa faktor pendukung yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pembinaaan mental siswa-siswi di SMP Al-Aziziyah Sidoarjo, diantaranya kesadaran orang tua dan murid dalam hal ingin memperbaiki kualitas hidupnya, rasa kasih sayang seorang guru bahkan pengorbanan dan jiwa dakwah yang melekat pada diri seorang guru mampu membuat pembinaan mental dapat berjalan dengan baik.
ENGLISH:
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Pembinaan Mental; Siswa-siswi; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2016 10:44 | ||||||
Last Modified: | 03 Nov 2016 10:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5037 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |