Hafidah, Mifta Nur (2015) Implementasi Metode Reinforcement untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunagrahita Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Malang. dapat diketahui bahwa metode yang diterapkan di kelas tersebut adalah metode ceramah. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan cara ceramah. Hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang dipakai, dalam hal ini peneliti menerapkan Metode Reinforcement untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa-Sekolah Luar Biasa Pembina Tingkat Nasional Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode reinforcement dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam mengimplementasikan metode reinforcement dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa Tunagrahita di SMPLB-SLB Pembina Tingkat Nasional Malang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita SMPLBSLB Pembina Tingkat Nasional Malang yang berjumlah 7 siswa. Instrument untuk mendapatkan data melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan 2 pertemuan dalam setiap siklusnya.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dengan menggunakan metode reinforcement padasetiap siklus. Pada siklus I peningkatan implementasi metode pembelajaran yang dilakukan peneliti mempunyai rata-rata dengan persentase 45.74% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 66.77% dengan peningkatan sebesar 21.03%. dan motivasi belajar siswa meningkat dari siklus I dengan rata-rata persentase 50.4% meningkat pada siklus II dengan persentase 68.25% dengan peningkatan sebesar 17.85%. Berdasarkan penelitian, maka metode reinforcement dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Tunagrahita di SMPLB-SLB Pembina Tingkat Nasional Malang.
ENGLISH:
Based on the observation of the implementation of PAI learning in Junior High-School Extraordinary Extraordinary Trustees of National Malang. it can be seen that the methods applied in the class is lecture method. Teachers delivering course material in a way discourse. This causes low student motivation. Therefore, it is necessary to amend the learning methods used, in this case applied the method of reinforcement to increase students' motivation Tunagrahita in Junior High-School Extraordinary Extraordinary Trustees of National Malang.
The purpose of this study was to investigate the implementation of the method of reinforcement learning Islamic education in enhancing the motivation to learn and to know the inhibiting factors in implementing the method of reinforcement learning Islamic education to improve student learning motivation Tunagrahita in SMPLB-SLB Trustees National Level Malang.
This study uses qualitative research methods to the design of classroom action research. The subjects were children with intellectual challenges SMPLBSLB Trustees National Level Malang, amounting to 7 students. Instrument to obtain data through observation sheets feasibility study, students' motivation observation sheet, interview, and documentation. This study consisted of two cycles with 2 meetings in each cycle.
The results of this study showed an increase in the use of methods of reinforcement in each cycle. In the first cycle improved implementation of learning methods researchers have conducted an average of the percentage of 45.74% and increased in the second cycle with the percentage of 66.77% with an increase of 21:03%. and increase students' learning motivation of the first cycle with an average percentage of 50.4% increase in the second cycle with the percentage of 68.25% with an increase of 17.85%. Based on the research, the method of reinforcement learning Islamic education in SMPLB-SLB Trustees National Level Malang can increase students' motivation Tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Reinforcement, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Anak tunagrahita | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:39 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5034 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |