Pelaksanaan metode Qiro’Ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’An di lembaga pendidikan Qur’An Sabilul Muttaqin Sukorejo

Atoillah, Nu’man (2015) Pelaksanaan metode Qiro’Ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’An di lembaga pendidikan Qur’An Sabilul Muttaqin Sukorejo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10110075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Sudah menjadi rahasia umum bahwa minat baca Al-Qur‟an dikalangan sebagian remaja negeri saat ini mulai berkurang. Secara otomatis kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur‟an pun juga kurang. Melihat latar belakang ini, dimana kemampuan sebagian remaja sekarang yang kurang akan pengetahuan tentang bacaan Al-Qur‟an, maka lembaga pendidikan Qur‟an Sabilul Muttaqin ini menerapkan pembelajaran Al-Qur‟an praktis. Dalam pembelajaran yang terliahat mudah ini, diharapakan kemampuan para santri meningkat dan dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid.

Berdasarkan pernyataan diatas, maka peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian tentang pelaksanaan metode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di lembaga pendidikan Qur‟an Sukorejo.

Hasil dari kajian pembahasan dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk, (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Qiro‟ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an Di Lembaga Pendidikan Qur‟an Sabilul Muttaqin Sukorejo. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan interview/wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisa deskriptif.

Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa: Dengan adanya pelaksanaan metode Qiro‟ati yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an para santri sesuai dengan target yang telah ditentukan. Adapun kemampuan yang harus dimilik santri agar dapat membaca Al-Qur‟an dengan tartil sesuai kaidah-kaidah ilmu tajwid adalah hafal dan faham tajwid, mengerti bacaan asing dalam Al-Qur‟an, faham makharijul huruf dan sifatul huruf.

ENGLISH:

In the modern era, the interest of reading al-Qur‟an from a part of the adolescent is low. So, exactly the capability of reading al-Qur‟an are low them. Have been seen in this background which is the adolescent capability of reading al-Qur‟an is low about the knowledge and understanding of al-Qur‟an, so this education institution al-Qur‟an Sabilul Muttaqin, implement the learning al-Qur‟an is easily. In the learning wise the student‟s capability to improve and the can reading al-Qur‟an well and suitable with the role of tajwid (proper pronunciation for correct recitation of the al-Qur‟an).

Based on the declaration above, so the researcher want to carry out research about the Implementation Qiro‟ati Method to improve the capability reading al-Qur‟an in the education institution al-Qur‟an Sukorejo.

The purpose this research is to know how the implementation Qiro‟ati Method to improve the capability reading al-Qur‟an in the education institution al-Qur‟an Sabilul Muttaqin Sukorejo. To achieve the purpose, the researcher use Qualitative descriptive and technique collecting data used are an interview, observation and documentation. Acquiring of data with use an analysis descriptive.

The result from this research can know that: with the implementation Qiro‟ati Method include the planning, implementation and evaluation to improve capability reading al-Qur‟an, and the student achieve the target a given in the education institution. The capability have the student are must be can read al- Qur‟an with tartil suitable the tajwid science, so not only know about the tajwid science, but also understand about tajwid, read the difficult in the al-Qur‟an and about makharijul and sifatul huruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Pelaksanaan Metode Qiro‟Ati; Menigkatkan Kemampuan Membaca; Implementation Qiro‟Ati Method; To Improve Capability Reading Al-Qur‟An
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:41
Last Modified: 06 Dec 2016 10:41
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5030

Actions (login required)

View Item View Item