Humardani, Yulis (2015) Penerapan metode cooperative learning dengan model group investigation pada mata pelajaran Akidah Akhlak untuk peningkatan motivasi belajar siswa Kelas VII D di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
09110265.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa. Dalam penerapan pembelajaran akidah akhlak saat ini masih menunjukkan adanya permasalahan mengenai metode pembelajarannya.Strategi pembelajaran yang digunakan masih menggunakan cara-cara konvensional.Sehingga menjadi kurang kondusif bagi peningkatan motivasi belajar siswa.Metode pengajaran Group Investigation tampak lebih efektif dibandingkan dengan metode sebelumnya.
Penelitian ini dilaksanakan di kota Malang, tepatnya di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang, dengan objek penelitian siswa kelas VII D. Adapun tujuan secara umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan motivasi belajar Akidah Akhlak melalui teknik Group Investigation siswa kelas VII D di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan proses perencanaan dengan menggunakan metode Group Investigation untuk peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII D pada mata pelajaran akidah akhlak; 2) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan dengan menggunakan metode Group Investigation untuk peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII D pada mata pelajaran akidah akhlak; 3) Untuk mendeskripsikan penilaian dengan menggunakan metode Group Investigation untuk peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII D pada mata pelajaran akidah akhlak; 4) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Group Investigation untuk peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII D pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al Hidayah Karangploso Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jenis pendekatan kualitatif. Tahap penelitiannya menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, (1) pengamatan; (2) wawancara; (3) dokumentasi.Adapun penelitian ini terbatas pada penggunaan teknik Group Investigation untuk peningkatan motivasi belajar siswa yang nantinya diharapkan mampu memberikan pemahaman lebih mendalam tentang penggunaan teknik Group Investigation bagi guru dan pembaca.
Dari hasil penilaian dapat dibuktikan bahwa penerapan metode Cooperative Learning dengan menggunakan teknik Group Investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII D pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Hidayah Karangploso Malang. Hal ini terbukti dari hasil instrument motivasi belajar siswa, dari pre test dengan nilai rata-rat 1,3 ke siklus I meningkat menjadi 1,7 atau sekitar 31%. Instrument pre test ke siklus II meningkat menjadi 2,5 atau sekitar 92%.
Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti memberikan saran bahwa dalam penerapan teknik Group Investigation guru harus bisa menentukan materi yang benar-benar bisa diterapkan dengan teknik ini dalam kegiatan belajar mengajar.
ENGLISH:
The success of educational goals much depends on how the learning process experienced by students. In the application of Aqeedah Morals learning today still shows the problem of learning methods. Learning strategies used are still using conventional methods. So as to be less conducive to the improvement of student motivation. Investigation Group teaching methods seem more effective than previous methods .
The research was conducted in the city of Malang, precisely at MTs Al- Hidayah Karangploso Malang, the research object class VII D. The general purpose of this study was to describe the process of improvement of learning motivation Aqeedah Morals through engineering Group Investigation students of class VII D in MTs Al - Hidayah Karangploso Malang. While specifically the objectives of this research are ; 1) Describe the planning process by using Group Investigation to increase students' motivation VII class D on subjects of Aqeedah Morals; 2) To describe the implementation process by using Group Investigation to increase students' motivation VII class D on subjects of Aqeedah Morals; 3) To describe the assessment by using Group Investigation to increase students' motivation VII class D on subjects of Aqeedah Morals; 4) To describe the application of Group Investigation method to increase student motivation VII class D on subjects Aqeedah Morals at MTs Al-Hidayah Karangploso Malang
This research is a class action (Classroom Action Research) with the type of qualitative approach. Stage research using a model developed by Kemmis and Taggart, namely in the form of a spiral cycle that includes planning, action, observation , and reflection. Data collection techniques used, namely, (1) observation; (2) interview; (3) documentation. As this study is limited to the use of techniques Group Investigation to increase students' motivation that will be expected to provide a deeper understanding of the use of techniques Group Investigation for teachers and readers.
From the results of the assessment can be demonstrated that the application of cooperative learning methods using a technique Investigation Group can increase students' motivation VII class D on subjects moral theology at MTs Al - Hidayah Karangploso Malang. This is evident from the results of students' motivation instrument, from the pre-test with a mean value of 1,3 to the first cycle rat increased to 1,7 or about 31 %. Instrument pre test to the second cycle increased to 2,5 or approximately 92 %.
Based on the results of the study, the researchers advise that in the application of engineering Group Investigation teacher should be able to determine the material could actually applied these techniques in teaching and learning activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Akidah Akhlak; Group Investigation; Motivation; Aqeedah Morals | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:41 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5029 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |