Agustin, Indriani (2023) Pengaruh regulasi emosi terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Luar Biasa di Kecamatan Kedungkandang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
19410049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Regulasi emosi merupakan kondisi psikologis seseorang untuk mengendalikan emosi yang dimilikinya. Untuk memiliki regulasi emosi yang baik seseorang harus memiliki kemampuan untuk menilai, mengatasi, mengelola dan
mengungkapkan emosi yang tepat dalam rangka mencapai keseimbangan emosional. Kinerja mengajar guru adalah tanggung jawab guru dalam memberikan bimbingan belajar yang berisi pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh regulasi emosi terhadap kinerja mengajar guru Sekolah luar biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik random sampling.
Subjek penelitian merupakan guru dari dua sekolah luar biasa yang ada di kecamatan kedungkandang, kota malang sebanyak 35 responden. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu regulasi emosi dan kinerja mengajar guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru sekolah luar biasa memiliki tingkat regulasi emosi sedang sebesar 65,7% dan juga mayoritas kinerja mengajar guru berada kategori sedang sebesar 68,6%. Regulasi emosi memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja mengajar guru sebesar 51,4% sisanya 49,6% kinerja mengajar guru SLB dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian yang diteliti.
ENGLISH:
Emotion regulation is a psychological condition of a person to control his emotions. To have good emotion regulation one must have the ability to assess,overcome, manage and express the right emotions in order to achieve emotional balance. Teacher teaching performance is the teacher's responsibility in providing
study guidance that contains knowledge and skills that will lead to increased student achievement.
This study aims to describe the effect of emotional regulation on the teaching performance of special school teachers. The method used in this research is a quantitative approach with saturated sample data collection techniques. The research subjects were teachers from two special schools in the Kedungkandang sub-district, Malang City, with a random sampling size of 35 respondents. This study uses two scales, namely emotion regulation and teacher teaching performance. The data analysis used in this study is a simple regression analysis test.
The results showed that the majority of special school teachers had a moderate level of emotional regulation of 65.7%, in the teaching performance variable the majority of teachers were in the medium category of 68.6%. Emotion regulation has a positive influence on teacher teaching performance by 51.4%, the remaining 49.6% of SLB teacher teaching performance is influenced by other variables outside the research studied.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Irawan, Andik Rony |
Keywords: | regulasi emosi; kinerja mengajar; guru sekolah luar biasa |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Indriani Agustin |
Date Deposited: | 24 May 2023 11:24 |
Last Modified: | 24 May 2023 11:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50288 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |