Sakdiyah, Halimatus (2023) Analisis sentimen customer review brand Kopi Kenangan menggunakan metode Naive Bayes. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
19650050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK:
Analisis sentimen adalah Teknik untuk mengekstrak atau mengelola teks agar dapat diekspresikan menggunakan teks juga dapat diklasifikasikan termasuk ke dalam polaritas positif, netral atau negatif. Customer review adalah bentuk komunikasi yang dapat dilakukan pada penjualan dimana calon pembeli mendapatkan informasi dari produk yang diposting kemudian review dilakukan pembeli yang menggambarkan untung maupun rugi jika menggunakan produk tersebut. Pada penelitian ini analisis sentimen diimplementasikan pada opini yang diberikan oleh customer pada akun media sosial Instagram. Memanfaatkan data dari sosial media penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perusahaan baik dari segi pemasaran maupun pelayanan yang diberikan dengan cara mengklasifikasikan ke dalam opini positif, netral dan negatif. Metode yang digunakan untuk klasifikasi sentimen ialah Naive Bayes dengan kombinasi Laplacian Correction dan K Fold Cross Validation. Input data pada penelitian ini berupa komentar dan output nya berupa data sentimen positif, netral dan negatif. Uji coba analisis sentimen yang sudah dilakukan menggunakan metode Naive Bayes dengan K Fold Cross validation untuk mengevaluasi model dengan menggunakan nilai k = 5 merupakan nilai terbesar yang didapatkan setelah melakukan empat kali pengujian berhasil melakukan analisis sentimen dengan nilai akurasi sebesar 72%, presisi 73%, recall 73% dan f1-score 72%.
ABSTRACT:
Sentiment analysis is a technique for extracting or managing text so that it can be expressed using text which can also be classified into positive, neutral or negative polarity. Customer review is a form of communication that can be carried out on sales where prospective buyers get information from the posted product and then a review is carried out by the buyer which describes the advantages and disadvantages of using the product. In this study, sentiment analysis was implemented on the opinions given by customers on Instagram social media accounts. Utilizing data from social media, this study aims to evaluate companies both in terms of marketing and services provided by classifying opinions into positive, neutral and negative. The method used for sentiment classification is Naive Bayes with a combination of Laplacian Correction and K Fold Cross Validation. The data input in this study is in the form of comments and the output is in the form of positive, neutral and negative sentiment data. Sentiment analysis trials that have been carried out using the Naive Bayes method with K Fold Cross validation to evaluate the model using a value of k = 5 is the largest value obtained after carrying out four tests successfully carrying out sentiment analysis with an accuracy value of 72%, 73% precision, 73% recall and 72% f1-score.
مستخلص البحث:
يلْالمشاعرْهوْْأسلوب ْلاستخراج ْالنص ْأو ْإدارته ْبحيث ْيمكن ْالتعبير ْعنه ْباستخدام ْنص ْيمكن ْأيضًا ْتصنيفه ْإلىْ قطبيةْموجبةْأوْمحايدةْأوْسلبية.ْمراجعةْالعميلْهيْشكلْمنْأشكالْالاتصالْالتيْيمكنْإجراؤهاْعلىْالمبيعاتْحيثْيحصلْالمشترون المحتملونْعلىْمعلوماتْمنْالمنتجْالمنشورْثمْيقومْالمشتريْبإجراءْمراجعةْتوضحْمزاياْوعيوبْاستخدامْالمنتج.
فيْهذهْالدراسةْ،ْتمْْتنفيذْتحليلْالمشاعرْعلىْآراءْالعملاءْعلىْحساباتْالتواصلْالاجتماعيْعلىانستغرامْْ.ْباستخدامْالبياناتْمنْوسائلْالتواصل
كاتْمنْحيثْالتسويقْوالخدماالاجتماعيْ،ْتهدفْهذهْالدراسةْإلىْتقييمْالشرْتْالمقدمةْمنْخلالْتصنيفْالآراءْإلىْإيجابيةْومحايدةْ وسلبية.ْالطريقةْالمستخدمةْلتصنيفْالمشاعرْهيْساذجْبايزْمعْمزيجْمنْتصحيحْلابلاسيانْ،ْالتحققْمنْصحةْالطياتْالمتقاطعة
علىْشكلْحرف.ْيتمْإدخالْالبياناتْفيْهذهْالدراسةْفيْشكلْتعليقاتْوالمخرجاتْفيْشكلْبياناتْالمشاْْعرْالإيجابيةْوالحيادية
والسلبية. ْتعدْتجاربْتحليلْالمشاعرْالتيْتمْإجراؤهاْباستخدامْطريقةْساذجْبايزْمعْالتحققْمنْصحةْالتحققْمنْصحةْالطيات
المتقاطعةْعلىْشكلْحرفْلتقييمْالنموذجْباستخدامْقيمةْْك=٥ْْْهيْأكبرْقيمةْتمْالحصولْعليهاْبعدْإجراءْأربعةْاختباراتْبنجاح لإجراءْتحليلْللمشاعرْبقيمةْدقةْتبلغ٢٧٪,٣ْ٧٪ْدقةْ,٣٧٪ْاستدعاء,٢٧٪ْد
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Hariri, Fajar Rohman and Almais, Agung Teguh Wibowo |
Keywords: | Analisis sentimen; Kopi Kenangan; Naive Bayes; Laplacian Correction; K Fold Cross Validation Sentiment analysis; Kopi Kenangan; Naive Bayes; Laplacian Correction; K Fold Cross Validation حليلْالمشاعر;ميموريزْكوفي;ساذجْبايز; ْْتصحيحْلابلاسيانْ،ْالتحققْمنْصحةْ الطياتْالمتقاطعةْ علىْشكل حرف |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080309 Software Engineering |
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika |
Depositing User: | Halimatus Sakdiyah |
Date Deposited: | 23 May 2023 10:29 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 10:39 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50274 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |