Shofi, Mohamad Fahrudin (2015) Pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama ISLAM di SMA Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110241.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Agama Islam tidak hanya menyangkut transformasi ajaran dan nilai, tetapi lebih merupakan masalah yang kompleks. Guru yang terkait, langsung dituntut untuk mampu menjawab dan mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul. Untuk mengantisipasinya diperlukan adanya profil seorang guru PAI yang mampu menampilkan sosok kualitas personal atau pribadinya dalam menjalankan tugasnya, karena usaha seorang guru untuk tampil menjadi pribadi yang sesuai harapan anak didiknya, dapat mendorong mereka untuk lebih bersemangat dalam belajar PAI.
Berdasarkan uraian diatas, maka secara umum masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran PAI di sekolah SMA Negeri 3 Malang. Terkait dengan hal tersebut akan dibahas tentang bagaimana tingkat kompetensi kepribadian guru PAI di SMA Negeri 3 Malang, dan bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Malang, serta apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan prestasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; 4) kuesioner atau angket.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI di SMA Negeri 3 Malang memiliki kategori yang baik. Sedangkan peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Malang memiliki prestasi belajar yang baik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Selanjutnya setelah dilakukan analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, atau dengan kata lain Ha diterima. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis data yang menghasilkan rhitung sebesar 0,581 atau lebih besar dari dari rtabel yang bernilai 0,24. Sedangkan dalam uji t, peneliti mendapatkan harga thitung = 5,667. Harga ini lebih besar dari ttabel sehingga hasil yang peroleh pada sampel juga dapat diterapkan pada keseluruhan populasi.
ENGLISH:
Islamic religious education is not only related to the transformation of the teachings and values, but rather an issue of the complex. The associated teacher, immediately sued to be able to respond and anticipate issues that arise. To anticipate it, the required profile of a PAI’s teacher is capable of showing the figure of a private or personal qualities in running the task, due to the efforts of a teacher to appear to be personal child hopes to match his protégé, can encourage them to be more zealous in PAI learning.
Based on explanation above, then the problem is formulated in general terms in this study, the influence of teacher's personality PAI competence of learning achievements of students of class X in PAI in school subjects, SMA Negeri 3 Malang. Related to such matters will be discussed about how the level of competence of personality teacher PAI in SMA Negeri 3 Malang, and how the learning achievements of students of class X on subjects of PAI in SMA Negeri 3 Malang, as well as whether there was significant influence between the competence of the personality of the teacher learning achievements pie with the class X students on subjects of PAI in SMA Negeri 3 Malang.
This research is a research field with a quantitative approach to the correlation method. Data collection techniques used are: 1) the observation; 2) interviews; 3) documentation; 4) questionnaires or question form.
Based on the results of the research that has been done can be concluded that the competence of teachers ' personality PAI in SMA Negeri 3 Malang has a good category. While the X-grade learners in SMA Negeri 3 Malang has a good study achievements on the subjects of Islamic education.
Furthermore, after analysis of the data, the researchers concluded that the competence of personality of teachers of religious education in Islam have a significant and positive influence on the learning achievements of students of class X on the subjects of Islamic education, or in other words Ha received. It is based on the results of data analysis that produces rcount of 0,581 or greater than the rtable value of 0.24. Whereas in t test, researchers get a price tcount = 5,667. This price is greater than the ttable so that the result obtained on the sample can also be applied to the whole population.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Kepribadian Guru; Prestasi Belajar Peserta Didik; Pendidikan Agama Islam; Teacher's Personality Competence; Learning Achievements of Learners; Islamic Religious Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2016 09:47 | ||||||
Last Modified: | 03 Nov 2016 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5023 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |