Ulum, Anharul (2014) Penggunaan multimedia autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi salat jenazah kelas XI di SMA Islam Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110237.pdf - Accepted Version Download (17MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Modernisasi dalam pendidikan agama Islam semakin gencar dilakukan. SMA Islam kepanjen adalah sekolah yang dalam proses pembelajarannya sudah didukung oleh sarana berbasis multimedia. Peneliti mencoba menerapkan multimedia Autoplay sebagai media pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan dari latar belakang diatas maka peneliti mengambil sebuah rumusan yaitu: (1) Bagaimana proses perencanaan penggunaan multimedia Autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi salat jenazah kelas XI di SMA Islam Kepanjen Malang. (2) Bagaimana proses pelaksanaan penggunaan multimedia Autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi salat jenazah kelas XI di SMA Islam Kepanjen Malang. (3) Evaluasi keberhasilan penggunaan multimedia Autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi salat jenazah kelas XI di SMA Islam Kepanjen Malang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada di tempat penelitian. Tahapan penellitian ini berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara, pengukuran tes hasil belajar, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menemukan bahwa : 1) Perencanaan pembelajaran fikih dengan menyiapkan semua hal yang dibutuhkan dan berkonsultasi disetiap kali pertemuan dengan guru pamong, memberikan manfaat yang besar terhadap pelaksaan pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan menggunakan multimedia Autoplay pada materi sholat jenazah dapat terlaksana dengan baik. Awalnya pada siklus I, siswa masih belum menunjukkan ketertarikan terhadap pembelajaran yang disampaikan dengan menggunakan media Autoplay. Hal ini dikarenakan penyampaian media Autoplay yang dibuat oleh peneliti masih kurang menarik dan terkesan monoton. Pada siklus II, peneliti menambahkan beberapa variasi dalam menyampaikan multimedia Autoplay sehingga siswa mulai menunjukkan sikap antusias, aktif, memperhatikan dan senang. 3) Evaluasi penggunaan multimedia Autoplay pada proses pembelajaran fikih materi salat jenazah kelas XI bahasa di SMA Islam Kepanjen menunjukkan hasil yang meningkat. Nilai yang diperoleh siswa pada siklus I mendapat rata-rata 81 atau meningkat 60,7% dari hasil pre-tes dan siklus II siswa mendapat nilai rata-rata 84,4 atau meningkat 65,9% dari hasil pre-tes.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan perencanaan yang matang, proses pelaksanaan yang terkendali serta melihat nilai yang diperoleh siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan multimedia Autoplay dalam proses pembelajaran fikih yang dilakukan oleh peneliti mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
Modernization in Islamic education is more incentive to do. Islamic Senior High School Kepanjen Malang is school that in the learning process is supported by multimedia based. Researcher tries to apply multimedia Autoplay as media of learning with the aim to maximize student learning outcomes.
Based on the background above, the researcher took a problem formulation of the study, namely: (1) How the process of planning the use of multimedia Autoplay in improving student learning outcomes In Fiqih Subject in chapter Pray of Corpse for grade XI at Islamic Senior High School Kepanjen Malang is. (2) How the process of implementing the usage of multimedia Autoplay in improving student learning outcomes in fiqih subject in chapter pray of corpse for grade xi at islamic senior high school Kepanjen Malang is. (3) Evaluating the success of the usage of multimedia Autoplay in improving student learning outcomes in fiqih subject in chapter pray of corpse for grade xi at islamic senior high school Kepanjen Malang
This type of study is a classroom action research and method of the study was conducted by using descriptive qualitative research with the aim to describe the phenomena that are exists in the study. This stage of the study is in the form of cycle that includes planning, implementation, observation, and reflection. Collecting data of the study is done by using the techniques of observation, interviews, measurement of achievement test, and documentation.
The result of the study found that: 1) Planning Fiqih learning by preparing all the necessary things and consulting every a meeting with the Teacher tutor. It provides great benefits to the implementation of learning. 2) Implementation of Fiqih learning by using multimedia Autoplay in chapter pray of corpse can be done well. Initially in the first cycle, the students were still not showing interest in learning delivered with using Autoplay. This is because the delivery of learning Fiqih with Autoplay made by researchers is still unattractive and monotonous. In the second cycle, the researchers added some variations in delivering subject of pray of corpse with multimedia Autoplay so that students began to show attitude of enthusiasm, active, caring and happy. 3) Evaluating the usage of multimedia Autoplay in improving student learning outcomes in fiqih study in chapter pray of corpse for grade xi at islamic senior high school Kepanjen Malang showed improved results. Score that was obtained by students in the first cycle gets an average of 81 or 60.7% increased. From the pre-test and the second cycle, students scored an average of 84.4 or 65.9% increased from the pre-test. Based on the results obtained with careful planning, controlled process of implementation and overviewing the score obtained by the students. Researcher concluded that the use of multimedia in the learning process of Fiqih Study with Autoplay conducted by researcher is able to improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multimedia Autoplay; Hasil Belajar Siswa; Multimedia Autoplay; Student Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:40 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5018 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |