Rachmadiansyah, Aldilla Farizna (2022) Analisis keterampilan berpikir kritis terhadap pemahaman konsep pembelajaran IPA Kelas V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
17140105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa untuk menyelesaikan persoalan dalam pembelajaran IPA, masih terdapat banyak siswa yang belum dapat mendeskripsikan pemahamannya tentang pembelajaran IPA. Permasalah tersebut akan diatasi dengan melihat pencapaian penerapan pendidikan IPA di SDN Made 4 Lamongan dengan melihat kemampuan berpikir kritis siswa dan pemahan konsepnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di SDN Made 4 Lamongan, (2) kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di SDN Made 4 Lamongan.
Penelitian ini dilakukan di SDN Made 4 Lamongan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptifsedangkan. Data yang diperoleh yaitu data primer berupa hasil wawancara dengan guru kelas dan hasil tes yang dilakukan oleh siswa sedangkan data sekunder berupa dokumen pembelajaran pendukung dan bukti dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui tes tulis,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptis Miles dan Hubermen terdiri dari : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Dari penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut : (1) Siswa di SDN Made 4 Lamongan dalam meningkatkan belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V sudah dilakukan dengan sangat baik dilihat dari hasil tes tulis yang dilakukan siswa memperoleh 69,2% mendapat kriteria berpikir kritis tingkat tinggi sedangkan 23,1 % mendapat kriteria berpikir kritis tingkat sedang, dan hanya 7,7% yang mendapat kriteria berpikir kritis tingkat rendah, dan siswa dengan kemampuan pemahaman konsep tergolong tinggi, karena mendapat 69,2% dari 100% diagram yang dipunyai oleh penulis, dan hanya 7,7% peserta didik yang belum paham akan konsep yang diberikan oleh guru, 7,7%. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan pemahaman konsep IPA di kelas V SDN Made 4 Lamongan terbilang tinggi dan terlihat aktif siswa berlomba-lomba menjawab pertanyaan dengan cepat, dan terbukti hasil tes tulis siswa pada mata pelajaran IPA yang rata-rata mendapat nilai tinggi pada saat dilakukan penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini keterampilan berpikir kritis siswa SDN Made 4 Lamongan tergolong tinggi, hal itu dibuktikan lewat hasil tes yang diperoleh dan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru kelas.
ENGLISH:
This research is motivated by the low ability of students to solve problems in science learning, there are still many students who have not been able to describe their understanding of science learning. This problem will be overcome by looking at the achievement of the application of science education at SDN Made 4 Lamongan by looking at the students' critical thinking skills and understanding the concepts. This study aims to describe (1) the critical thinking skills of fifth grade students in science learning at SDN Made 4 Lamongan, (2) the ability to understand concepts of fifth grade students in science learning at SDN Made 4 Lamongan.
This research was conducted at SDN Made 4 Lamongan using a qualitative research approach with descriptive qualitative research. The data obtained are primary data in the form of interviews with classroom teachers and the results of tests conducted by students while secondary data in the form of supporting learning documents and documentary evidence. Data collection techniques carried out by researchers are through written tests, interviews and documentation. Data analysis using Miles and Hubermen's descriptive analysis consists of: data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing.
This study resulted in the following findings: (1) Students at SDN Made 4 Lamongan in improving student learning in science learning in class V have done very well, seen from the results of the written test conducted by students who got 69.2% of the criteria for critical thinking level. high while 23.1% got the criteria for moderate critical thinking, and only 7.7% got the criteria for low-level critical thinking, and students with the ability to understand concepts were classified as high, because they got 69.2% of the 100% diagrams owned by the author. , and only 7.7% of students did not understand the concept given by the teacher, 7.7%. (2) Students' critical thinking ability and ability to understand science concepts in class V SDN Made 4 Lamongan is quite high and it looks like students are actively competing to answer questions quickly, and it is proven that students' written test results in science subjects on average get high scores. at the time of research. The conclusion in this study is that the critical thinking skills of SDN Made 4 Lamongan students are high, this is evidenced by the test results obtained and the results of interviews that have been conducted with class teachers.
ARABIC:
إحدى طرق من طريقة رؤية التحقيق لتطبيق تعلم العلوم الطبيعة في المدرسة الإبتدائيّة الحكوميّة الرابعة مادي بلامونجان بالنظر إلى مهارات التفكير النقدي لدى الطلاب وفهم المفاهيم. ومع ذالك، تهدف هذا البحث إلى معرفة تكوين مهارات التفكير النقدي والفهم المفاهيمي لتعلم العلوم الطبيعة في الصف الخامس.
تستخدم هذا البحث منهج البحث النوعي بمنهجية الظواهريّة، في حين أن مصادر البيانات التي تم الحصول عليها هي البيانات الأولية والبيانات الثانوية. تم الأسلوب جمع البيانات التي يقوم بها الباحثة من خلال الاختبارات الكتابية والمقابلات والتوثيق. كان تحليل البيانات باستخدام التحليل الوصفي لـ Miles و Hubermen الذي يتكون من: تخفيض البيانات وعرض البيانات واستخلاص النتائج.
وكان نتائج البحث هي كما يلي: 1) قام تعلّم العلوم الطبيعة لطلاب الصفّ الخامس في المدرسة الإبتدائيّة الحكوميّة الرابعة مادي بلامونجان بأداء جيد للغاية في تحسين التعليميّة عند الطلاب نظرا إلى نتائج الاختبار التحريري الذي أجراه الطلاب الذين حصلوا على درجة 69.2٪ من المستوى العالي في معايير التفكير النقدي. بينما حصل على درجة 23.1٪ في معايير التفكير النقدي المعتدل، وحصل على درجة 7.7٪ فقط على معايير التفكير النقدي من المستوى المنخفض. وتم تصنيف الطلاب ذوي القدرة على فهم المفاهيم على أنهم مرتفعون، لأنهم حصلوا على درجة 69.2٪ من 100٪ للمخططات التي تملكها الباحثة، وفقط 7.7٪ من الطلاب الذين لا يفهمون المفهوم الذي قدمه المعلم. تعدّ قدرة التفكير النقدي لدى الطلاب وفهمهم لمفاهيم العلوم الطبيعة في الصفّ الخامس عالية وتبدو نشيطة، كما يتضح من نتائج الاختبار التحريري للطلاب في المواد علوم الطبيعة.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | berpikir kritis; pemahaman konsep; critical thinking; concept understanding;التفكير النقدي; فهم المفهوم | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Aldilla Farizna Rachmadiansyah | ||||||
Date Deposited: | 16 May 2023 14:58 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 14:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50108 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |