Rachman, Nisa (2014) Aplikasi model pembelajaran tematik dengan strategi peta konsep untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Taman Harapan Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110208.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (33MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran di sekolah selama ini masih menggunakan model-model dan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini menyebabkan keterampilan berpikir siswa menjadi rendah. Rendahnya keterampilan berpikir tersebut berdampak kepada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan penggunaan model pembelajaran tematik dan strategi peta konsep.
Secara umum permasalahan yang akan dirumuskan adalah: 1)Bagaimana aplikasi model pembelajaran tematik dengan strategi peta konsep dalam meningkatkan keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Taman Harapan kota Malang? 2)Bagaimana peningkatan keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Taman Harapan kota Malang setelah diaplikasikan model pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi peta konsep pada mata pelajaran PAI?.
Penelitian ini merupakan tindakan kelas dengan jenis PTK Partisipan. PTK dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Instrument kunci adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, evaluasi hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan cara reduksi data, pemaparan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Aplikasi Model Pembelajaran Tematik dengan Strategi Peta Konsep dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan hasil belajar dengan menerapkan sesuai prosedur disertai adanya inovasi-inovasi baru seperti penggunaan modul, pemberian reward dan pemutaran film. (2) Aplikasi Model Pembelajaran Tematik dengan Strategi Peta Konsep dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keterampilan berpikir sebesar 180% dan hasil belajar sebesar 29%.
ENGLISH:
Nowadays, some schools are still applying the conventional education system. This system caused the student’s thinking skill getting lower. The low thinking skills cause the low studying results. However, the most useful solution to save that situation is applying the thematic education system and mind mapping strategy.
Generally, things that would be formulated are: 1) how the application of thematic education system with mind mapping strategy in improve student thinking skill and student studying result of Learning Islamic Education for first grade of Taman Harapan Junior High School Malang. 2)how the improve of thinking skill and studying result of first grade junior high school student in Taman Harapan, Malang, after the application of thematic education system with mind mapping strategy in Learning Islamic Education.
This research is the classroom action research with PTK participant style. PTK is going in three cycles. The key instrument is researcher itself. Observation, the evaluation of studying result, interview, and documentation are the data collection technique that used. Data analysis methods that used are data reduction, data explanation, and conclusion.
Research result shows that. (1) The application of thematic education system with mind mapping strategy can improve the thinking skills and studying result by applying with the appropriate procedure while applying the new innovations such the use of module, rewarding, and watching film. (2) The application of thematic education system with mind mapping strategy can improve the thinking skills and studying result in Learning Islamic Education could improve the thinking skills around 180% and studying result around 29%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rossidy, Imron | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Tematik; Strategi Peta Konsep; Keterampilan Berpikir; Hasil Belajar; Thematic Education System; Mind Mapping Strategy; Thinking Skill; Studying Learning Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:42 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5006 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |