Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMPN 4 Singosari

Badsudewo, Rian (2014) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMPN 4 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08110144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONEISA:

Kualitas suat lembaga pendidikan bergantung pada kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Maka kepala sekolah bertugas membimbing pengawasan dan bimbingan kepada guru bertugas dalam bidang studi. Usaha peningkatan profesionalitas guru ini akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemampuan dan usaha-usaha mereka sendiri. Namun sering kali guru masih memerlukan bantuan orang lain karena mereka belum memahami jenis prosedur dan mekanisme memperoleh berbagai sumber yang sangat diperlukan dalam usaha meningkatkan kemampuan guru. Disinilah diperlukan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 4 Singosari. Dengan adanya usaha peningkatan profesionalitas guru yang dilakukan oleh kepala sekolah diharapkan bisa menciptakan profesionalitas guru yang berkualitas sehingga akan mengantarkan peserta didik menuju kesuksesan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data dan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Peneliti dan kajian skripsi ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan usaha-usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 4 Singosari, 2) Mendeskripsikan usaha-usaha guru dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 4 Singosari, 3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 4 Singosari.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian dilapangan. Dalam menetapkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu: teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pertimbangan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru antara lain: Mengikutsertakan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran, mengikut sertakan dalam penataran, dan mengikuti seminar/diskusi. Sedangkan usaha guru dalam meningkatkan profesionalitas guru melalui: musyawarah guru mata pelajaran, penataran-penataran pendidikan, diskusi/seminar tentang pendidikan. Adapun faktor yang mendukung adalah: kesesuaian antara latar belakang pendidikan guru dengan bidang studi yang diajarkan, adanya partisipasi masyarakat. Dan faktor yang penghambat adalah masalah kurangnya kedisiplinan, dan sarana dan prasarana kurang memadai dan masalah dana masih diperlukan. Dari uraian diatas sebaiknya kepala sekolah lebih bertanggung jawab dalam bertugas membimbing dan mengarahkan para guru sehingga dapat menumbuhkan kesadaran guru untuk lebih meningkatkan kualitas mengajar.

ENGLISH:

The quality of an educational institution depends on the principal as educational leaders. The school principal has a very important role in advancing the institution he leads. Then the principal in charge of guiding the supervision and guidance to teachers on duty in the field of study. Efforts to improve the professionalism of teachers will be more successful if done by the teacher with the ability and efforts of their own. But often teachers still need the help of others because they do not understand what kind of procedures and mechanisms for obtaining a variety of sources which are very necessary in order to increase the ability of teachers. Here we need the principal's efforts in improving the professionalism of teachers in SMP 4 Singosari. With the efforts to increase the professionalism of teachers conducted by the principal is expected to create professional quality teachers that will lead learners to success.

This research is descriptive qualitative research that is describe, and interpret said existing data and generate descriptive data in the form of words written / spoken of people and behaviors that can be observed and the data is a statement. Data was collected through observation, interviews, and documentation. Qualitative descriptive data analysis techniques. Establishes the validity of the data and this study used data triangulation technique is a technique that utilizes data validity checking out a variety of data sources for comparison. Researcher and the study of this thesis aims to: 1) Describe the principal efforts in improving the professionalism of teachers in SMP 4 Singosari, 2) Describe the efforts of teachers in improving the professionalism of teachers in SMP 4 Singosari, 3) Describe the factors that support and hinder business principals in improving the professionalism of teachers in SMP 4 Singosari. To achieve these objectives, the research conducted in the field. In determining the validity of the data, this study uses data triangulation technique, namely: data validity checking techniques that utilize multiple sources of data outside the consideration.

From the results of research and discussion is concluded as follows: Enterprises principals in improving the professionalism of teachers, among others: Involve teachers in Congress Subject Teacher, to involve the upgrading, and seminar/discussion. While the teachers' efforts to improve the professionalism of teachers through: deliberation subject teachers, upgrading-upgrading education, discussion/seminar on education. The factors that support are: the correspondence between the educational background of teachers with subject areas taught, community participation. And inhibiting factor is the lack of discipline, and the lack of adequate infrastructure and funding issues still needed. From the description above should be responsible for the principal in charge of guiding and directing the teachers so that they can raise the awareness of teachers to further improve the quality of teaching.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Upaya Kepala Sekolah; Profesionalitas Guru PAI;
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:44
Last Modified: 06 Dec 2016 10:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item