Implementasi model pembelajaran kooperatif strategi think talk write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al-Mustaqim Malang

Faizal, Rachmad (2015) Implementasi model pembelajaran kooperatif strategi think talk write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al-Mustaqim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10110212.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran Fiqh dalam kelas yang berlangsung di Madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan adanya beberapa permasalahan. Kebanyakan model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode ceramah saja. Pembelajaran yang masih didominasi oleh aktifitas guru. Dampak dari pembelajaran ini siswa cenderng diam hanya mendengarkan, kurang berani memberikan pendapat pada saat guru memberikan pertanyaan, atau menanggapi jawaban teman lainnya, bahkan takut bertanya walaupun sebenarnya belum paham tentang apa yang dipelajari, Sehingga kemampuan siswa dalam memberikan alasan rasional suatu pernyataan dianggap kurang. Hal ini menunjukkan kurangnya kemampuan siswa dalam membentuk uraian yang relevan terhadap masalah. Tentu saja hal ini berpengaruh pada kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam penyajian yang keliru yang menyebabkan prestsi siswa menjadi rendah. Berangkat dari permasalahan tersebut perlu diterapkannya suatu cara alternatif dalam pembelajaran di dalam kelas. Salah satunya yakni dengan mengganti model pembelajaran tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Strategi Think Talk Write (TTW), yang didesain ntuk dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar siswa di dalam kelas.

Berdasarkan permasalahan di atas tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kooperatif strategi think talk write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas IX MTs. Satu Atap Al-Mustaqim. (2) Mengetahui peningkatan berfikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs. Satu Atap Al-Mustaqim Malang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif strategi think talk write (TTW) pada mata pelajaran Fiqh.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan jenis kolaboratif-partisipatori yang dilaksanakan sebanyak dua kali siklus penelitian. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes tulis. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi model pembelajaran kooperatif strategi think talk write (TTW) yang dilakukan oleh peneliti sebagai upaya meningkatkan kemampuan berfikir kitis dan prestasi belajar siswa yakni dengan merangkainya menjadi sebuah model pembelajaran yang melibatkan secara aktif siswa dengan diskusi pemecahan masalah yang open-ended dengan tim. (2) Peningkatan kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs. Satu Atap Al-Mustaqim setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif strategi TTW pada mata pelajaran Fiqh mengalami banyak kemajuan. Kemampuan berfikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 50,4%. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 89,3%.

ENGLISH:

There were some problems found during the process of teaching and learning Fiqh in the classroom of ninth graders of Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al-Mustaqim Malang. Most of the teachers used lecturing, a conventional teaching method, which is dominated by teacher‟s activity. As result, students tend to be passive while listening to the lecturing, and had less courage either to share their opinions or respond to their classmates‟ response. On top of that, they were afraid to ask questions related to part of lesson they did not understand. Consequently, the students‟ ability to give logic reasons were considered low which was shown by their low ability in giving relevant description to problems.

The students‟ low ability in critical thinking resulted in their low achievement as they presented incorrect description. To solve this problem, teacher needs to use a new cooperative learning strategy during the teaching and learning process. Think Talk Write (TTW) was chosen in this research since this strategy is designed to improve students‟ ability in critical thinking and learning achievement.

This research aimed to: (1) know how TTW implemented in Fiqh to improve the critical thinking and learning achievement of the ninth graders of MTs. Satu Atap Al-Mustaqim. (2) measure the students‟ improvement after the implementation of TTW. To achieve these goals, collaborative Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles. The key instrument is the researcher. Observation, interview, and written test were used to collect data. Data was analysed by reducing irrelevant data, describing data, and making conclusion.

The results of this research show that; (1) TTW was used as a strategy to improve the students‟ critical thinking and learning achievement by involving the students in group in open-ended discussion and problem solving. (2) TTW improved the students‟ critical thinking and learning achievement. Their critical thinking improved by 50.4%, while their learning achievement improved by 89.3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghony, M. Djunaidi
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tstrategi; Think Talk Write; Kemampuan Berfikir Kritis; Hasil Belajar; Cooperative Learning Strategy; Think Talk Write; Critical Thinking; Learing Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:44
Last Modified: 06 Dec 2016 10:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item