Nisak, Dina Khoirun (2010) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran untuk Anak Usia Prasekolah Dasar menggunakan Bahasa Pemrograman Java: Studi kasus Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Qurrota A’yun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06550060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Aplikasi pembelajaran yang berbasis komputer merupakan salah satu bentuk teknologi komputer yang saat ini banyak digunakan dalam bidang pendidikan (Kariadinata: 2009). Adapun Pembelajaran yang dibantu komputer dikenal dengan nama “Computer Assisted Instruction” (CAI). Prinsip pembelajaran CAI ini menggunakan komputer sebagai alat bantu menyampaikan pelajaran kepada user secara interaktif.
Dalam penelitian ini aplikasi pembelajaran yang dirancang dan dibangun adalah aplikasi pembelajaran untuk anak usia prasekolah dasar. Karena dunia anak adalah dunia bermain, maka aplikasi yang dibangun berbentuk permainan atau game. Sehingga unsur pendidikan dan game dapat dikolaborasikan dalam aplikasi yang biasa disebut game beredukasi. Materi yang dirancang dalam aplikasi ini meliputi materi pembiasaan yang berisi moral dan nilai-nilai agama, materi kemampuan dasar yang terdiri atas aspek kognitif, bahasa, dan seni. Sedangkan untuk materi game mempunyai kategori dan berfungsi untuk melatih kemampuan fisik/motorik anak karena perlu adanya koordinasi mata dan tangan serta perlu konsentrasi dalam memecahkan game. Sedangkan game berhitung berfungsi untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak prasekolah.
Dari hasil percobaan yang telah dilakukan maka dapat diperoleh bahwa aplikasi pembelajaran untuk anak prasekolah dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk mempermudah penyampaian materi pelajaran terhadap anak prasekolah dan harus dirancang dengan menggunakan simulasi agar membantu anak prasekolah dasar dalam mengakses aplikasi.
Aplikasi pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abidin, Zainal and Kusumawati, Ririen | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Aplikasi Pembelajaran; Prasekolah Dasar; Game Beredukasi; Java | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | |||||||||
Date Deposited: | 12 May 2023 13:21 | |||||||||
Last Modified: | 12 May 2023 13:21 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/49954 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |