Implementasi metode an nashr untuk meningkatkan kemampuan menterjemah dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadis di kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang

Ferdiasmarayuda, Andri (2015) Implementasi metode an nashr untuk meningkatkan kemampuan menterjemah dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadis di kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10110150.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran Al-Qur‟an Hadis dalam kelas yang berlangsung di Madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan adanya beberapa permasalahan, terutama dalam hal menterjemah. Kebanyakan metode pembelajaran menterjemah yang digunakan masih menggunakan metode konvensional dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Dampak dari pembelajaran ini siswa merasa kesulitan dan keberatan dalam menterjemahkan suatu ayat yang berhubungan dengan materi Al-Qur‟an Hadis, hal tersebut berdampak pada prestasi siswa menjadi rendah. Berangkat dari permasalahan tersebut perlu diterapkannya metode alternatif. Salah satunya yakni dengan menerapkan metode An Nashr yang didesain untuk meningkatkan kemampuan menterjemah dan prestasi belajar siswa.

Berdasarkan permasalahan di atas tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode An Nashr yang dapat meningkatkan kemampuan menterjemah dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis dikelas VIII-A MTs Surya Buana Malang. (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menterjemah dan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode An Nashr pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis dikelas VIII-A MTs Surya Buana Malang.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan jenis kolaboratif-partisipatori yang dilaksanakan sebanyak tiga kali siklus penelitian. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis dan tes lisan. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penerapan Metode An Nashr yang dapat meningkatkan kemampuan menterjemah dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan sesuai prosedur, pergantian pola-pola menterjemah, penggunaan modul, pembentukan kelompok-kelompok, pemberian reward, dan perubahan posisi duduk menjadi leter U. (2) Penerapan Metode An Nashr meningkatkan kemampuan menterjemah dan prestasi belajar siswa pada matapelajaran Al-Qur‟an Hadis. Kemampuan menterjemah meningkat sebesar 150%. Sedangkan prestasi belajar meningkat sebesar 93%.

ENGLISH:

Learning the Quran Hadith in classes held in middle school, in practice it still shows some problems, especially in term translating. Most translating one learning methods still uses conventional methods by using the method of lecturing, questions and answers only. The impact of this learning, students find it difficult and objection in translating the verse Quran related to lessons Quran Hadith, it impacts on student achievement is low. Departing from these problems need to be applied an alternative method, one of them is by applying the method of An Nashr designed to improve the ability to translate and the student achievement.

Based on the above problems, the purpose of this scientific research is: (1) To know how the implementation of An Nashr method that can increase the ability to translate and improve students achievement one the subjects of the Quran Hadith in class VIII-A middle school Surya Buana Malang. (2) To know how to increase the ability of translating and student achievement before and after the implementation of An Nashr method the subjects of the Quran Hadith in class VIII-A middle school Surya Buana Malang.

To achieve the above objectives, the classroom action research is used with the kind of collaborative participatory by conducting the research cycle three times. The key instrument is the researcher‟s himself, and the data collection techniques used are observation, interviews, written tests and oral tests. Data were analyzed by reducing irrelevant data, exldaining the data in details and draw conclusions.

The results showed that, (1) The implementation of An Nashr methods that can translate and improve student achievement by implementing appropriate procedures, turn patterns translate, the use of modules, formation of groups, giving reward, and changes in sitting position becomes letter U. (2) Implementation An Nashr methods improve the ability to translate and student achievement the subjects of the Quran Hadith. The ability to translate, increased by 150%. While learning achievement, increased by 93%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rossidy, Imron
Keywords: Metode An Nashr; Kemampuan Menterjemah; Prestasi Belajar; An Nashr Method; Ability to Translate; Learning Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:47
Last Modified: 06 Dec 2016 10:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item