Rizal, Mohammad Syaiful (2014) Penerapan media autoplay dan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110109.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Agama Islam banyak dikritik oleh masyarakat dengan alasan tidak bisa mendidik peserta didik secara optimal dan tidak dapat diterima oleh akal sehatnya sehingga terjadi banyaknya kenakalan remaja saat ini, dikarenakan kurangnya ilmu pengetahuan yang didapatnya di sekolah. Selain itu Pendidikan Agama Islam juga kurang diminati oleh peserta didik. Dengan adanya permasalahan diatas salah satu solusi yang menjanjikan adalah dengan menggunakan media Autoplay dan metode Demonstrasi untuk menyelesaikannya.
Metode demonstrasi adalah upaya peragaan atau pertunjukan tentang cara melakukan atau mengerjakan sesuatu. Dengan diterapkannya metode demonstrasi, maka suasana kelas akan menjadi lebih hidup dan perhatian siswa akan terpusat pada materi yang disampaikan. Selain itu agar mudah dalam memberikan pengarahan, alangkah lebih baiknya jika dalam pelaksanaan metode demonstrasi sebelumnya menggunakan media Autoplay agar lebih memudahkan memberikan penjelasan sebelum melakukan metode demontrasi. Media Autoplay adalah suatu program perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak multimedia dengan mengintegrasikan berbagai tipe media.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kolaboratif partisipatoris. Yang mana didalamnya terdapat dua siklus saja. Metode penelitian yang dipakai ada empat yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode test. Metode test sendiri diberikan saat melakukan pre test dan setiap selesai melaksanakan siklus I dan siklus II.
Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 (dua) siklus. Untuk mengetahui keberhasilan siswa kelas VII H di SMPN 13 Malang dalam belajarnya, peneletian ini melewati beberapa proses, 1) pada pelaksanaannya peneliti menerangkan materi dengan menggunakan media Autoplay kemudian menerapkan metode Demonstrasi untuk praktek gunanya dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi shalat jum’at serta memudahkan dalam penilaian. 2) setelah melalui proses tersebut hasil analisis peneliti menunjukkan terjadi peningkatan selama pelaksanaan dalam dua siklus dan hasilnya sangat memuaskan yang mana hasil belajar siswa meningkat hingga 100%.
ENGLISH:
Islamic education has been criticized by people with no reason to educate learners optimally and can not be accepted by common sense that the number of teenagers delinquency occurs at this time, due to lack of knowledge gained in school. In addition, Islamic Education is also less attractive to learners. With the problems above, one promising solution is to use Autoplay media and Demonstration method to solve it.
Demonstration method is a demonstration effort or showing how to make or do something. With the implementation of the demonstration method, the classroom atmosphere will be more alive and the students' attention will focus on the material presented. In addition to facilitated in giving direction, would be much better if the implementation of the previous demonstration method using Autoplay media so it is easier to explain before making a demonstration method. Autoplay Media is a software program to create multimedia software to integrate various types of media.
The approach used in the study of PTK (Classroom Action Research) is using a qualitative approach with collaborative participatory. Which one in there are two cycles only. The research method is used, there are four methods of observation, interview methods, documentation methods and test methods. Given test method itself when performing pre-test and each completed the first cycle and second cycle.
This research was conducted with 2 (two) cycles. To determine the success of students of class VII H in SMP 13 Malang in learning, this intensive search through several processes, 1) on the implementation of researchers explain the material using Autoplay media and then apply the method for practical use demonstration can determine the level of students' understanding of the Islamic Education subjects in Friday prayer materials and facilitated of assessment. 2) after going through the process of research analysis results showed an increase during the implementation of the two cycles and the results are very satisfactory in which outcome student learning increased by 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Autoplay; Metode Demonstrasi; Hasil Belajar Siswa; Autoplay Media; Demonstration Methods; Student Results | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:47 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4988 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |