Royyan, Najib (2014) Kompetensi guru agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10110107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (27MB) |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan unsur yang sangat dominan dan sangat stategis di dalam proses belajar mengajar. Kemahiran mengajar merupakan ciri profesi keguruan, karena pencapaian tujuan pembelajaran serta keberhasilan dalam berbagai masalah pembelajaran banyak tergantung pada kemampuan atau kompetensi guru. Seorang guru sehubungan dengan tugasnya dalam memantau atau mengembangkan pembelanjaran itulah, maka guru dapat disebut sebagai ujung tombak pembaharuan yang berhasil, menjadi pendukung nilai-nilai dalam masyarakat, menciptaan kondisi belajar yang baik serta menjamin keberhasilan pendidikan maka guru harus meningkatkan kompetensinya, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial, dan kompetensi professional.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1 )Mendiskripsikan kompetensi guru PAI dalam mengembangkan materi PAI yang berkualitas di SMAN 1 Karangan Trenggalek. (2) Mendiskripsikan kompetensi guru PAI dalam meningkatkan kualitas metode mengajar di SMAN 1 Karangan Trenggalek. (3) Mendiskripsikan kompetensi guru PAI dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan prosedur pengumpulan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan analisis reflektif. Uji keabsahan data dilakukan dengan tehnik ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa, (1) Kompetensi guru agama islam di SMAN 1 Karangan dalam mengembangkan materi PAI yang berkualitas yaitu dengan cara menambah wawasan dengan membaca buku-buku, artikel-artikel yang ada di internet dan mempelajari teori-teori pembelajaran dari hasil diklat dan workshop. (2) Kompetensi guru agama di SMAN 1 Karangan dalam meningkatkan kualitas metode mengajar diantaranya; Menggunakan metode secara kondisional dan tepat, Memanfaatkan media yang diperoleh dari hasil diklat dengan seefesien mungkin. (3) Dalam meningkatkan kualitas belajar siswa, guru agama di SMAN 1 Karangan menambah pembelajaran diluar jam pelajaran, yaitu ekstrakulikuler keagamaan.
ABSTRACT
Teacher is a dominant and strategic element in teaching-learning process. The expertness of teaching is a character of teachership because the attainment of learning goal and the success of learning issues depend on teacher’s competence. Related to teacher’s duty in monitoring or enhancing the education, teacher can be called as the spearhead of a successful renewal who can support values in the community, create a good learning conditions and ensure the success of the education. Thus, teacher must enhance their competence, namely pedagogical, personal, social, and professional competence
The purpose of this research is: (1) To describe religion teacher’s competence in enhancing the qualified Islamic religion subject in State Senior High School 1 of Karangan, Trenggalek. (2) To describe religion teacher’s competence in enhancing teaching method quality in State Senior High School 1 of Karangan, Trenggalek. (3) To describe religion teacher’s competence in enhancing student learning quality in State Senior High School 1 of Karangan, Trenggalek.
This research that was conducted in State Senior High School 1 of Karangan, Trenggalek belongs to descriptive qualitative research, while the procedures of collecting data used are interview, observation and documentation. The analysis of the data used is reflective analysis. The experiment of data validity is done with perseverance observation and triangulation.
The result of the research shows that (1) The religion teacher’s competence in enhancing the qualified Islamic religion subject in State Senior High School 1 of Karangan, Trenggalek is by broadening their knowledge by reading books, articles on the Internet and learning the theories from the training and workshops. (2) The religion teacher’s competence in enhancing teaching method quality in State Senior High School 1 of Karangan, Trenggalek includes; Using conditional and right method, utilizing media obtained from the training as efficient as possible. (3) The religion teacher’s competence in enhancing student learning quality in State Senior High School 1 of Karangan, Trenggalek is by extending learning hours outside of school, i.e. religious extracurricular.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Kompetensi Guru; Islamic Religion Teacher; Research Method; Teacher’s Competence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:47 | ||||||
Last Modified: | 17 May 2023 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4987 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |