Zainudin, Mukhamad (2016) Penerapan metode menghafal aqidatul awam dalam pembelajaran akidah akhlak untuk memantapkan akidah siswa di MI Attaraqqie Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14760009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode-metode menghafal sudah dilakukan sejak masa Rasul utamanya Al-Quran dan apa yang beliau sampaikan yang kita kenal dengan sebutan Al-Hadits, yang tentu didalamnya berisi hal yang paling mendasar yakni masalah akidah. Akidah islamiyah dengan enam pokok keimanan, yaitu beriman kepada Allah SWT., para malaikat, kitab-kitab, para rasul, hari akhir, serta beriman pada qadha’ dan qadar yang baik maupun yang buruk, mempunyai keunikan bahwa kesemuanya merupakan perkara gaib. Orang-orang yang sesungguhnya paling sengsara adalah mereka yang miskin iman dan mengalami krisis keyakinan. Tidak ada sesuatu yang dapat membahagiakan jiwa, membersihkannya, menyucikannya dan mengusir kegundahan darinya, selain keimanan yang benar kepada Allah SWT.
Penelitian ini fokus pada penerapan metode menghafal aqidatul awam untuk memantapkan akidah siswa, metode yang diterapkan dalam memantapkan akidah dan membuat siswa senang belajar aqidatul awam, dan keberhasilan metode menghafal aqidatul awam yang dilaksanakan di MI Attaraqqie membentuk iman (keyakinan) siswa yang kokoh.
Penelitian ini menggunakan kualitatif jenis studi kasus berupa rancangannya studi kasus dengan teknik pengumpulan data dilakukan yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain terdapat beberapa bentuk dalam penerapan metode menghafal antara lain dipagi hari sebelum masuk kelas siswa dibiasakan menghafal aqidatul awam. Selain itu, setiap siswa mendapatkan pengajaran aqidatul awam secara formal di kelas. Hal lain menunjukkan bahwa metode menghafal ini adalah pembelajaran yang efektif dimana jam yang terbatas, dengan metode menghafal ini memberikan kebebasan ruang dan waktu untuk menghafal. Menghafal itu mudah dan murah. Selain itu memberikan pengalaman belajar yang atraktif, meningkatkan minat dan motivasi, melibatkan siswa secara aktif sehingga menunjang pencapaian tujuan, memahamkan dan memantapkan akidah siswa utamanya di dalam memahami materi akidah akhlak yang berkaitan dengan rukun iman.
ENGLISH:
The methods of memorization has been applied since the days of Rasul primarily in memorizing the Koran and what Rasulsays that we know as al-Hadith, which certainly containsthe most fundamental thing that isAqeedah. AqeedahIslamiyah with six pillars of faith, that are belief in Allah, the angels, the books, the apostles, the end of the day, and Qadha and Qadr both good and bad, has a uniqueness that is all about the unseen thing (ghaib). People who are actually the most miserable are those who are poor in faith and who have crisis of belief. There is nothing that can beatify the soul, clean, pure it, and dispel its anxiety, except the true faith in Allah.
This study focuses on the application of AqidatulAwammemorization method for strengthening students’ aqeedah, the methods applied for establishing the student’s faith and making students enjoy learning AqidatulAwam, and the success of AqidatulAwammemorization method implemented in MI Attaraqqie formsthe strong faith of students.
This study uses a qualitative case study with data collection techniques are depth interviews, participant observation, and documentation. The results of this study show some forms of the implementation of the memorization method, that are one in the morning before class students are familiarized to memorize AqidatulAwam together. Also, students getAqidatulAwam formal teaching in the classroom. Another thing shows that this memorization method is an effective learning for limited class time. The method provides the freedom of space and time to memorize. Memorization is easy and cheap. In addition it provides an attractive learning experience, increases interest and motivation, actively involvesthe students’ participationthat supports the achievement of the learning goals, making the students understand, and strengtheningstudent’s aqeedahprimarily in understanding the material of AqidahAkhlak related to the pillars of faith.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Rofiq, Aunur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Penerapan Metode; Menghafal Aqidatul Awam Dan Memantapkan Akidah Siswa; Application Of Aqidatulawam Memorization Methods And Strengthening Students’ Aqeedah | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:49 | |||||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4966 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |