Sa-ih, Hamzatee (2016) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Studi kasus di Prince of Songkla University, Pattani Campus. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14770081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Strategi pembelajaran pendidkan agama Islam yang di laksanakan di Collage of Islamic Study adalah salah satu dari fakultas di Prince of Songkla University. Pembelajaran pendidikan agama Islam yang selama ini berlangsung di institusi pendidikan tinggi, disatu sisi terbukti efektif membelajarkan peserta didik menjadi cendekiawan yang menguasai ilmu pengetahuan dan memiliki integritas moral. Namun, disisi lain masih belum mampu menjadi sumber motivasi bagi peserta didik untuk menunjukkan perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di Prince of songkla university. Untuk melihat bagaimana strategi guru PAI dalam pembelajaran PAI di perguruan tinggi umum. Penelitian ini di fokus pada 3 masalah, yaitu: 1) strategi pengorganisasian isi pembelajaran PAI, 2) strategi penyampaian pembelajaran PAI, 3) strategi pengelolaan pembelajaran PAI.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara dan dokumentasi, yang menjawab masalah kemunculan strategi pembalajaran pendidikan agama Islam di Prince of Songkla University, Pattani Campus. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah dosen PAI, koordinator dosen PAI, dan mahasiswa.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi pengorganisasian isi pembelajaran PAI yang digunakan adalah dosen membuat materi dan silabus kemudian diajukan kepada staff collage untuk disetujui. Pengorganisasian materi dibuat dari materi-materi yang bersifat doktrin menuju ke arah materi-materi yang bersifat lebih luas dan terinci. Di beberapa matakuliah lainnya, sudah disediakan buku yang berisi materi yang mana dosen cukup menjelaskannya kepada mahasiswa tanpa harus membuat baru. 2) Strategi penyampaian pembelajaran PAI di memperhatikan beberapa kompenen. Komponen utama yang harus diperhatikan, yaitu media pembelajaran, media yang digunakan adalah media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis visual dan media berbasis mutimedia. 3) Strategi pengelolaan pembelajaran PAI adalah pengaturan dosen menyampaikan materi selama 50 menit dengan teknik ceramah. Dosen memotivasi belajar mahasiswa dengan menyampaikan tujuan belajar di tengah-tengah belajar dalam kelas. Selain itu, dosen juga memberi tugas tambahan untuk mahasiswa untuk dikerjakan di luar kelas. Tugas tambahan ini untuk menambah nilai mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah and Wahyuni, Esa Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Perguruan Tinggi Umum; | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:49 | |||||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4962 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |