Wahyudi, Muhammad (2016) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter religius dan sikap kepedulian sosial siswa di SMK Negeri 1 Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14770080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tujuan utama pendidikan Islam adalah untuk menghasilkan manusia yang baik, dalam mencapai tujuan tersebut dibutuhkan proses dan metode-metode yang efisien agar tujuan tersebut dapat tercapai secara maksimal sesuai yang diinginkan. Dalam pencapaian tujuan tersebut salah satunya yaitu dengan menanamkan karakter religius dan kepedulian sosial yang terdapat dalam pendidikan karakter ke dalam diri siswa, dan ini membutuhkan proses yang panjang dan harus dijalankan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang memuaskan. SMK Negeri 1 Kota Batu merupakan salah satu lembaga pendidikan umum Negeri yang ada di Kota Batu, dan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar sekolah ini juga menanamkan karakter religius dan kepedulian sosial melalui Pembelajaran PAI kepada para siswanya untuk memperkuat akidah para siswanya dan agar selalu berpegang teguh pada ajaran agama islam serta membentengi para siswa dari pengaruh budaya barat yang akan merusak masa depan mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; 1) untuk mendeskripsikan karakter religius dan kepedulian sosial di SMK Negeri 1 Kota Batu, 2) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter religius dan kepedulian sosial di SMK Negeri 1 Kota Batu. 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter religius dan kepedulian sosial di SMK Negeri 1 Kota Batu.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam,(2) observasi partisipatif,(3) dokumentasi. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, editing (pemilahan), dan pengecekan keabsahan data. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa: 1) Karakter religius Siswa di SMK Negeri 1 Kota Batu: Para siswa-siswi mempunyai keimanan kuat, ketaqwaan kepada Allah SWT, Memiliki Akidah yang kuat, berpegang teguh pada syariat islam, Para siswa-siswi mempunyai akhlak yang mulia dan memiliki karakter yang baik. Sedangkan untuk Kepedulian Sosialnya: Pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kepedulian, kerjasama, toleransi. 2) Implementasi pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter religius dan kepedulian sosial di SMK Negeri 1 Kota Batu,perencanaan berupa silabus, sosialisasi, RPP, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter religius dan kepedulian sosial di SMK Negeri 1 Kota Batu melalui 2 cara yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler, evaluasi dengan penilaian autentik, penilaian acuan kriteria, pelaporan hasil pembelajaran. 3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius dan kepedulian sosial diantaranya: musholla, perpustakaan islami, pengeras suara, budaya bersalaman dengan guru sebelum masuk sekolah, dorongan yang kuat dari dewan guru, tersedianya Qur’an, adanya alat peraga dan LCD di setiap kelas, adanya evaluasi ditempat. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: pergaulan siswa diluar sekolah, latar belakang siswa yang berbeda-beda, faktor lingkungan yang kurang mendukung, tidak adanya masjid, faktor pergaulan teman.
ENGLISH:
The main purpose of Islamic education is to produce good human beings, in achieving that goal required processes and methods are efficient so that these objectives can be achieved according to the desired maximum. In achieving these goals one of which is to inculcate religious and social awareness karater contained in character education into the students, and this requires a long process and should be implemented consistently in order to obtain satisfactory results. Publick Vocational high School (SMKN) 1 Batu City is one of public education institutions of State in Batu City, and in the implementation of the learning process of the school is also inculcate religious character and social care through Learning PAI to the students to strengthen the faith of the students and to always cling to religious teachings of Islam as well as fortify the students of the influence of western culture which will ruin their future. The purpose of this study is; 1) to describe the character of the religious and social care Attitudes in SMK N 1 Batu City, 2) to describe the implementation of PAI learning in shaping the character of religious and social care Attitudes in SMK N 1 Batu City. 3) to describe the factors supporting and inhibiting PAI learning implementation in shaping the character of the religious and social care attitudes in SMK N 1 Batu City.
In this study used a qualitative approach with descriptive methods of analysis. Data collected by (1) in-depth interviews, (2) participant observation, (3) documentation. The process of data analysis carried out from data collection, editing (sorting), and checking the validity of the data. To check the validity of the data researchers used a method tringulasi data.
The results of this study indicate that the: 1) a religious character in SMK N 1 Batu: The students have a strong faith , devotion to God Almighty , Has a strong creed , cling to the Islamic Shari'a , the students have a noble character and good character .As for its Social Concern: Devotion, mutual help, family, caring, cooperation, tolerance. 2) Implementation of PAI learning in shaping the character of religious and social concerns in SMK Negeri 1 Kota Batu, planning such syllabus, socialization, lesson plans, learning implementation of Islamic Religious Education (PAI) in shaping the character of the religious and social concerns in SMK N 1 Batu City through 2 intrakulikuler and extracurricular ways, evaliuasi with authentic assessment, assessment benchmark criteria, reporting learning outcomes. 3) Factors supporting the implementation of PAI learning in shaping the character of the religious and social concerns such as: small mosque, an Islamic library, loudspeakers, culture shake hands with the teacher before entering school, a strong boost from the teachers, the availability of the Qur'an, the props and LCD each class, their evaluation in place. Whereas the inhibiting factors, among others: socially students outside of school, students' backgrounds were different, unfavorable environmental factors, lack of mosques, social factors friend.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah and Walid, Muhammad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Implementasi Pembelajaran PAI; Karakter Religius; Kepedulian Sosial; Implementation of Islamic Religious Education Learning (PAI); Character Building Religious; Social Care Attitudes | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:49 | |||||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4961 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |