Pengembangan kurikulum Ma’had Aly Al-Aimmah (MAA) dan Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang

Riyadi, Ridho (2016) Pengembangan kurikulum Ma’had Aly Al-Aimmah (MAA) dan Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
14770031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Ma’had Aly merupakan pendidikan yang fokus pengajarannya mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu agama dalam rangka pengkaderan generasi muslim yang fakih dalam ilmu-ilmu alat dan agama. Dalam proses, implementasi maupun pada tataran evaluasi pengajarannya, Ma’had Aly mengoptimalkan semua aspek yang harus dikembangkan oleh setiap peseta didik, yaitu aspek kognutif, afektif, dan psikomotorik. Lingkungan sengaja dibuat dan didesain untuk membentuk, menguatkan, ataupun memperbaiki secara terus menerus karakter, cinta ilmu, termasuk tafaqqohu fid din. Ma’had Aly al-Aimmah (MAA) Malang dan Ma’had Abdurrahman bin Auf Malang merupakan sebahagian di antara Ma’had Aly yang ada di kota Malang yang cukup berhasil dalam pengembangan kurikulum untuk meningkatkan ketiga aspek di atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses, dan implementasi pengambangan kurikulum yang dilakukan dalam upaya membentuk masyarakat Indonesia yang berimtaq dan beriptek.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan desain multikasus. Penelitian dilakukan di (1). Ma’had Aly al-Aimmah (MAA) Lowokwaru Malang (2). Ma’had Abdurrahman bin Auf Malang. Objek penelitian adalah pengembangan kurikulum, dan implementasi. Sedangkan subjeknya adalah kepala sekolah, dan TIM pengembang kurikulum dan data pendukung lainya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data digunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Penelitian ini menggunkan rancangan multikasus, maka analisis data dilakukan dalam dua tahap yakni analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus.

Hasil penelitian ini adalah; (1) Proses pengembangan kurikulum yang dilakukan di ma’had aly adalah adanya evaluasi, visi ma’had, era globalisasi, dan kebutuhan stakeholders. Prinsip pengembangan kurikulmnya adalah prinsip efektif dan fleksibel, prinsip praktis, prinsip relevansi, landasannya pengembangan kurikulum Ma’had Aly, adalah landasan religius, landasan psikologis, landasan sosial budaya (2) Implementasi pengembangan kurikulum di Ma’had Aly dengan membuat laporan pengajaran dan belum pada tahap silabus dan RPP, pengawasan dan evaluasi, tujuanya dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai islami. Untuk kegiatan intrakurikuler dilakukan adanya beberapa metode yaitu, metode ceramah, demostrasi, interaktif, disukusi, dan metode gabungan. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari tiga kegiatan rutin, kegiatan pekanan, bulanan, dan tahunan

ENGLISH:

Ma'had Aly is an education focused study and explore teaching religious sciences in order cadre generation of muslims who faqih in the sciences tools and religion. In the process, and implementation. Ma'had Aly optimize all aspects that should be developed by each student pesetas, that aspect kognutif, affective, and psychomotor. Environment intentionally created and designed to establish, strengthen, or improve continuously the characters, love science, including tafaqqohu fid din. Ma'had Aly al-Aimmah (MAA) Malang and Ma'had Abdurrahman bin Auf Malang is a part of the Ma'had Aly in the city of Malang are quite successful in curriculum development to enhance the above three aspects. The purpose of this study to find out the process, implementation, and evaluation of curriculum floating undertaken in order to form the Indonesian people who IMTAQ and IPTEK.

This study uses a qualitative approach with case studies and design multikasus. The study was conducted in (1). Ma'had Aly al-Aimmah (MAA) Malang (2). Ma'had Rahman bin Auf Malang. The object of research is curriculum development, implementation, and evaluation, while the subject is the principal, and curriculum teams developers. The data collected through deep interview, observation, documentation and dacuments secrets. To get valid data, researcher used triangulation of source, triangulation of technical, and triangulation of time. This research uses multi case plan, so that the data analysis was did in two steps are the data analysis individual case and the data analysis across case.

The results of this study are; (1) The process of curriculum development is done in ma'had aly is their evaluation, ma'had vision, globalization era, and the needs of stakeholders. Kurikulmnya development principle is the principle of effective and flexible, practical principles, the principles of relevance, foundation curriculum development Ma'had Aly, is a religious grounding, grounding psychological, socio-cultural foundation (2) Implementation of curriculum development in Ma'had Aly by making teaching and yet reports at this stage of the syllabus and lesson plans, monitoring and evaluation, tujuanya done to inculcate Islamic values. Intrakurikuler to do their activities several methods namely, lectures, demonstrations, interactive, disukusi, and combined methods. While extracurricular activities consist of three routines, the weekly activities, monthly, and yearly.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mujab, M. and Esha, Muhammad In’am
Keywords: Pengembangan Kurikulum; Implementasi; Developments; Implementations
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:37
Last Modified: 13 Dec 2016 02:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item