Mahmudah, Rifa’atul (2016) Analisis kualitas buku teks pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kurikulum 2013 di Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13770014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Buku teks merupakan sumber belajar utama bagi siswa, sehingga buku teks harus memiliki kualitas yang baik, untuk memperolehnya diperlukan kegiatan perancangan terhadap buku teks pelajaran sesuai dengan kondisi pembelajaran yang ada. Buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII SMP Kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh pemerintah telah dinyatakan layak dalam pembelajaran, namun dalam proses implementasi perlu diketahui bagaimana kualitas buku teks pelajaran tersebut sesuai dengan wilayah/lokasi dimana buku teks tersebut diterapkan. Mengingat banyaknya permasalahan terkait dengan kualitas buku teks pelajaran baik dari segi isi maupun penyajian termasuk buku teks pelajaran PAI tersebut.
Melalui penelitian ini dapat diketahui kualitas buku teks pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII SMP Kurikulum 2013 di Kabupaten Malang. Sehingga secara teoritis penelitian ini dapat menghasilkan konsep buku teks pelajaran PAI yang berkualitas dan secara praktis penelitian ini dapat memberikan kontribusi saran yang membangun terhadap perbaikan kualitas buku teks PAI menjadi lebih baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Melalui sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data telaah dokumen dan wawancara dengan informan kunci, peneliti melakukan analisa terhadap kualitas buku teks pelajaran PAI berdasarkan konsep buku teks pelajaran PAI yang berkualitas yang diturunkan dari pemetaan pendapat beberapa pakar mengenai kriteria buku teks pelajaran yang berkualitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks pelajaran tersebut memiliki kualitas yang baik karena isi dan penyajiannya sudah memiliki kesesuaian dengan Kurikulum 2013, mata pelajaran PAI, dan karakteristik siswa SMP. Namun ada beberapa hal yang perlu ditambahkan yaitu dalam hal isi, sebaiknya materi agama diintegrasikan dengan sains. Selain itu, sebaiknya ditambahkan materi tentang mukallaf, muamalah, akhlak tercela, dan kisah tokoh inspiratif pada pembahasan perilaku terpuji. Dalam hal evaluasi, perlu adanya tugas kelompok, menyimpulkan informasi, problem solving, dan tugas-tugas praktek. Dalam hal penyajian, perlu ada perbaikan desain cover, pembiasaan nilai-nilai keislaman berupa anjuran berdo’a, kata-kata hikmah sebagai motivasi, dan beberapa kolom sebagai kontrol aktivitas ibadah siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya penyusunan buku teks pelajaran PAI memperhatikan karakteristik kurikulum yang berlaku, karakteristik mata pelajaran PAI, dan karakteristik siswa.
ENGLISH:
Textbook is the primary learning resource for students, so that textbooks should have good quality, it needs design activities against textbooks in accordance with the learning conditions. Textbook of Islamic Education and Character of class VII of Curriculum 2013 is issued by the government and it has been declared fit to learning, but in the implementation process needs to know how the quality of textbooks in accordance with the area / location where the textbook is applied. Remembering the many problems related to the quality of textbooks in terms of both of content and the presentation including the Islamic Education textbooks.
Through this research can know the quality of textbooks on Islamic Education and Character of class VII of Curriculum 2013 in Malang. So theoretically this research can produce the concept of Islamic Education textbooks quality and practically this study can contribute to constructive suggestions to improve the better quality of Islamic Education textbooks
This study used a qualitative approach with descriptive analytical research. Through primary data and secondary data collection techniques review of documents and interviews with key informants, the researcher conducted an analysis of the quality of textbooks of Islamic Education based on the concept of Islamic Education textbooks quality derived from mapping the opinion of some experts on the criteria of textbooks quality.
The results showed that the textbook had good quality because of the content and presentation had been conformity with Curriculum 2013, Islamic Education subject, and characteristics of junior high school students. But there are some things that needed to be added, namely the content, the material should be integrated religion with science. In addition, the material should be added about mukallaf, muamalah, despicable moral, and the story of inspirational figures in the discussion commendable behavior. In terms of evaluation, the need for the group task, concluding the information, problem solving, and practical assignments. In terms of presentation, there needed to be improvement of the design of the cover, habituation of Islamic values in the form of encouragement to pray, words of wisdom as motivation, and some columns as controls religious activities of students. Based on these results, recommended the preparation of Islamic Education textbooks looked at the characteristics of the applicable curriculum, characteristics of the Islamic Education subjects, and student characteristics.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur and Mulyono, Mulyono | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kualitas Buku Teks; Pendidikan Agama Islam; Kurikulum 2013; Textbook Quality; Islamic Education; Curriculum 2013 | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:50 | |||||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:50 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4953 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |