Khoirunnisa, Nikki (2016) Pengaruh urutan kelahiran dan jenis kelamin terhadap motivasi belajar siswa di SMP An-Nur Bululawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Motivasi belajar merupakan satu komponen penting yang harus dimiliki oleh peserta didik agar ia dapat mencapai tujuan pendidikan. Tanpa adanya motivasi belajar, peserta didik akan merasa kesulitan meraih prestasi akademik.
Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk : (1) Mengetahui motivasi belajar siswa SMP An-Nur Bululawang ditinjau dari urutan kelahiran. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa SMP An-Nur Bululawang ditinjau dari jenis kelamin. (3) Mengetahui pengaruh urutan kelahiran dan jenis kelamin tersebut terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMP An-Nur Bululawang. Responden penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 120 responden.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis two way Anova (ANOVA dua jalur).
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Urutan kelahiran tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Namun, diperlukan pengawasan maupun dorongan yang secara konsisten dari orangtua atau keluarga, guru, dan lingkungan sekitar dalam pembentukan pribadi atau sikap yang akhirnya melekat pada tiap individu sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai. 2) Jenis kelamin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa karena beberapa faktor yang melekat pada jenis kelamin. Faktor itu yaitu, ketekunan, perasaan malu, semangat bersaing, konsentrasi siswa dan rutinitas belajar. 3) Interaksi urutan kelahiran dan jenis kelamin ternyata tidak dapat mempengaruhi secara signifikan motivasi belajar siswa. Bila dilihat dari perbedaan motivasi belajar, motivasi belajar siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Adanya perbedaan tingkah laku, menjadi salah satu faktor yang mendukung siswa perempuan untuk memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibanding siswa laki-laki. Sedangkan urutan kelahiran tidak mempunyai pengaruh langsung pada motivasi belajar siswa. Namun bila dilihat dari perbedaan motivasi belajar, anak sulung tidak lebih baik dari anak urutan berikutnya (adik-adiknya). Keberhasilan anak dalam penelitian ini tidak dipengaruhi oleh sifat/ karakteristik yang terbentung dari lingkungan, baik keluarga atau diluar lingkungan keluarga, melainkan bisa dijelaskan oleh faktor lain seperti kecerdasan (IQ).
ENGLISH:
The motivation of learning is one of an important component that must be possessed by learners in order to achieve the goal of education. Without the motivation of learning, learners will feel the difficulty of academic achievement.
The purpose of this study are to : (1) find out the motivation of JUNIOR HIGH SCHOOL students learn An-Nur Bululawang of the order of birth. (2) Knowing the motivation of JUNIOR HIGH SCHOOL students learn An-Nur Bululawang in terms of gender. (3) Find out the influence of birth order and gender learning motivation against the students.
This research was conducted in junior high the An-Nur Bululawang. Respondent research is grade VIII totaling 120 respondents. This research is quantitative descriptive research types with data collection techniques using the scale (the now), interview and documentation. Technique of data analysis in this study uses two way Anova analysis (ANOVA two lines).
The results of this research are: 1) Birth order does not have a significant effect on student motivation. However, supervision and encouragement necessary that consistently from parents or relatives, teachers, and the surrounding environment in the establishment of some personal or finally attached to each individual so that what is hoped will be achieved. 2) Gender has a significant influence on student motivation due to several factors inherent in gender. factor, perseverance, sense of shame, a competitive spirit, the concentration of students and learning routines. 3) The interaction of birth order and gender do not significantly affect the motivation of students. When viewed from differences in learning motivation, motivation of female students is higher than male students. The big difference in behavior, becoming one of the factors that support student learning motivation of women to have a higher than male students. While birth order has no direct influence on students' motivation. However, when viewed from the difference of motivation to learn, the eldest child is not better than the next sequence (her sisters). The success of children in this study was not influenced by the characteristics of the nature / form from the environment, either the family or outside the family, but can be explained by other factors such as intelligence (IQ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yusuf, Aris Yuana | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Urutan Kelahiran; Jenis Kelamin; Motivasi Belajar; Birth Order; Gender; Learning and Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:51 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4940 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |