Hubungan konformitas teman sebaya dengan sikap disiplin siswa di SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang

Darussalam, Ilham Haq (2016) Hubungan konformitas teman sebaya dengan sikap disiplin siswa di SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10410071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sikap disiplin yang baik menurut Andrini & Gabriella (2012) adalah sikap disiplin yang sifatnya internal yaitu yang disertai tanggungjawab dan atas kesadaran diri siswa sendiri untuk mentaati norma dan aturan yang berlaku.Sikap disiplin siswa adalah sikap siswa yang sesuai dengan tata tertib atau aturan yang berlaku baik yang muncul karena kesadaran dirinya maupun karena adanya hukuman atau sanksi. Sikap disiplin berhubungan dengan konformitas teman sebaya, dimana pengaruh lingkungan yang lebih banyak berhubungan langsung dengan sikap akan diambil oleh seorang siswa adalah lebih pada pengaruh perilaku dari teman sebaya siswa memilih atau menentukan sikap dari pergaulan yang didapat dari teman sebaya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sekaligus menganalisis sumbangan konformitas teman sebaya dan sikap disiplin siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang dengan jumlah sampel sebanyak 81 siswa. Tehnik penelitian pengambilan sampel dengan cluster sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert. Validitas item penelitian ini berdasarkan validitas isi dan daya beda item. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tehnik analisis korelasi dengan menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for windows.

ENGLISH:

Good discipline according to Andrini & Gabriella (2012) is the discipline that an internal nature that is accompanied by responsibility and self-awareness on the students to adhere the norms and regulations. The attitude of student discipline is the attitude of students in accordance with the the rules applicable in emerging as well as for self-consciousness of punishment or sanctions. Discipline is related to peers conformity.

The purpose of this study was to determine the relationship and analyze the contribution of peer conformity and students discipline. This research method used quantitative research with the research subjects were junior high school students of Thoriqotun Najah Singosari Malang with a total sample of 81 students. research sampling technique was by cluster sampling. Collecting data used questionnaires in the form of Likert scale. The validity of this study was based on item content validity and different power items. Analysis of the data used the technique of correlation analysis using SPSS 20.0 for windows.

The results of this study showed that there was a level of conformity, which meant conformity or the tendency of students to change the perception in behaving in SMP Thorina that sometimes effective and not. While the discipline of students in SMP Thorina was high means that the student had complied with the high rules of discipline. And there was a significant relationship of peer conformity with the behavior of student discipline that the higher the level of conformity of peers, so the higher of the level of discipline.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tingkat konformitas sedang, artinya konformitas atau kecenderungan untuk merubah persepsi dalam bertingkah laku siswa di SMP Thorina ini kadang–kadang efektif kadang–kadang tidak. Sedangkan sikap disiplin siswa di SMP Thorina ini tinggi artinya siswa memiliki kedisiplinan atau mematuhi aturan yang tinggi, dan terdapat hubungan yang signifikan konformitas teman sebaya dengan perilaku disiplin siswa dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hidayah, Rifa
Keywords: Konformitas; Teman Sebaya; Disiplin; Conformity; Peers; Discipline
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:53
Last Modified: 06 Dec 2016 10:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4933

Actions (login required)

View Item View Item