Responsive Banner

Penentuan Frekuensi Natural dan arah pergerakan Gelombang: Studi kasus Jembatan Soekarno-Hatta Kota Malang

Maulidiya, Siti (2014) Penentuan Frekuensi Natural dan arah pergerakan Gelombang: Studi kasus Jembatan Soekarno-Hatta Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09640027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Jembatan Soekarno-Hatta merupakan salah satu infrastruktur yang banyak digunakan di kota Malang. Jembatan akan mengalami kerusakan apabila mendapat gangguan dari luar berulang kali, salah satunya gangguan tersebut adalah kendaraan yang melewati jembatan. Gangguan luar tersebut mengakibatkan vibrasi pada jembatan. Hal itu terjadi apabila frekuensi natural kendaraan yang melintasi jembatan mendekati frekuensi natural jembatan. Gelombang merupakan getaran yang merambat pada medium. Gelombang merambat pada suatu medium, akan diikuti pergerakan partikel gelombang tersebut. Gerakan partikel akan searah, tegak lurus ataupun ke segala arah perambatannya dalam medium yang dilewati. Pergerakan partikel gelombang tersebut mempengaruhi medium yang dilewati yaitu jembatan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai frekuensi natural dan arah pergerakan gelombang dari jembatan Soekarno Hatta kota Malang. Perekaman data penelitian menggunakan seismometer portable tipe TDL 303 S (3 komponen) dengan delapan titik pengukuran di sepanjang sisi jembatan. Data hasil perekaman tersebut diolah dengan menggunakan software Geopsy. Analisa data yang digunakan merupakan analisa HVSR dan analisa particle motion. Analisa HVSR menghasilkan nilai frekuensi dominan dan amplifikasi gelombang. Analisa particle motion menghasilkan plot arah pergerakan gelombang.

Berdasarkan analisa data yang dilakukan disimpulkan bahwa nilai frekuensi dominan/frekuensi natural (f0) dari jembatan yaitu berkisar 0,62 sampai 4,34 Hz yang menunjukkan bahwa jembatan sudah tidak layak digunakan sebagai sarana transportasi. Analisa particle motion secara kuantitatif menunjukkan arah pergerakan gelombang ke segala arah baik secara vertikal ataupun secara NS-EW.

ABSTRACT

Soekarno-Hatta bridge is one of the infrastructure which is widely used in the city of Malang. The bridge will be damaged if it gets the outside repeated interference, for example the disorder vehicles crossing the bridge, which the outside interferences cause vibrations on the bridge. It happened when a vehicle crosses the natural frequency of bridge approach bridge of natural frequencies. The waves are vibrations that propagate in a medium. The waves propagate in a medium, will be followed the movement of the waves of particles. Particle motion will be unidirectional, or perpendicular to the propagation direction in the medium that is passed. The movement of the particle wave affects the medium through which that bridges.

This study aims to determine natural frequency value of wave and its direction of movement of the bridge Soekarno Hatta town of Malang. Research data using a seismograph recording portable type TDL 303 S (3 components) with an eight-point measurement along the side of the bridge. Its results were processed using the software Geopsy. Analysis of the data used is the HVSR analysis and analysis of Particle motion. HVSR analysis showes values dominant frequency and wave amplification. Analysis of particle motion generates the plot direction of wave propagation.

Based on the data analysis it can be concluded that the dominant frequency value/natural frequency ( f0 ) of the bridge is ranged from 0,62 to 4,34 Hz which indicates that the bridge is not feasible to use as a means of transportation. Analysis of particle motion quantitatively indicate direction movement of the waves in all directions either vertically or NS-EW.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Avisena, Novi and Nashichuddin, Achmad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAvisena, NoviUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNashichuddin, AchmadUNSPECIFIED
Keywords: Jembatan; Frekuensi Natural; Vibrasi; Gelombang Bridge; Natural Frequency; Vibration; Wave
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Fisika
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 03 May 2023 14:14
Last Modified: 03 May 2023 14:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/49313

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item