Arifin, Moch. Bahak Udin By (2014) Pengaruh transisi kurikulum terhadap kompetensi pedagogik dan profesional Guru Sekolah Dasar kelas I dan IV: Studi Multi Situs di SD Kota Kediri. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12760005.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan, sebab dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai tapi memperjelas arah pendidikan, dan juga memberikan pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki setiap siswa. Ada empat elemen yang mendasari perubahan dari kurikulum KTSP ke kurikulum 2013 yakni tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian. Dalam hal ini peneliti mengambil tiga (standar isi, standar proses, dan standar penilaian) dari empat elemen tersebut, karena standar kompetensi lulusan merupakan tujuan akhir dari standar isi, standar proses, standar penilaian. Bagaimanapun bagus dan idealnya kurikulum pendidikan, bagaimanapun lengkapnya sarana dan prasarana pendidikan, tanpa diimbangi dengan kemampuan guru dalam mengimplementasikannya, maka semuanya akan kurang bermakna. Oleh sebab itu, untuk mencapai standar proses pendidikan, sebaiknya dimulai dengan menganalisis kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik dan professional dengan mengambil obyek penelitian di SD Kota Kediri yang sudah menerapkan Kurikulum 2013.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana pengaruh transisi kurikulum dalam hal standar isi terhadap kompetensi pedagogik dan professional guru SD kelas I dan IV di Kota Kediri, (2) Mengetahui bagaimana pengaruh transisi kurikulum dalam hal standar proses terhadap kompetensi pedagogik dan professional guru SD kelas I dan IV di Kota Kediri, (3) Mengetahui bagaimana pengaruh transisi kurikulum dalam hal standar penilaian terhadap kompetensi pedagogik dan professional guru SD kelas I dan IV di Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan statistik inferensial. Adapun pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru SD kelas I dan IV di duabelas SD Kota Kediri yang sudah menerapkan kurukulum 2013.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa transisi kurikulum (standar isi, standar proses, standar penilaian) tidak mempengaruhi kompetensi professional yang dimiliki oleh guru SD kelas I dan IV di Kota Kediri. Karena nilai Sig standar isi 0,649, standar proses 0,994, dan standar penilaian 0,741 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Akan tetapi transisi kurikulum (standar isi, standar proses, standar penilaian) ini diketahui mempengaruhi kompetensi pedagogik guru SD kelas I dan IV di Kota Kediri karena diketahui bahwa nila Sig nya < 0,05 (0,00 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Sahlan, Asmaun | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengaruh,Transisi Kurikulum, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2023 10:16 | |||||||||
Last Modified: | 06 Apr 2023 10:16 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/49250 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |