Analisis kesalahan shorof pada maharoh qiro’ah mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Munadliroh, Elis Erlina (2016) Analisis kesalahan shorof pada maharoh qiro’ah mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11150001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Dalam proses belajar bahasa Arab seorang guru harus mengajarkan unsur-unsur bahasa dan seorang murid harus belajar unsur-unsur bahasa dengan baik agar tujuan pembelajaran bahasa Arab dapat terealisasikan. Adapun sampai sekarang bahasa Arab belum benar-benar berhasil dalam pembelajarannya, salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab terjadi dalam maharoh qiro’ah yakni kesulitan siswa dalam menggunakan kaidah shorof. Peneliti disini menggunakan Analisis kesalahan sebagai pendekatan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang terdapat pada pengetahuan dan penggunaan wazan shorof dan pemahaman maknanya dari teks qiro’ah pada mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arabdi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja bentuk kesalahan-kesalahan shorof pada maharoh qiro’ah bagimaha siswa jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang?, 2) Apa sebab-sebab kesalahan shorof pada maharoh qiro’ah bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bentuk kesalahan-kesalahan shorof pada maharoh qiro’ah bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2) Untuk mengetahui sebab-sebab kesalahan shorof pada maharoh qiro’ah bagimaha siswa jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan langkah-langkah analisis kesalahan yang terdiri dari mengetahui kesalahan, mengklasifikasikan dan mendeskripsikannya, menafsirkannya dan selanjutnya menjelaskan penyebab kesalahan-kesalahan tersebut. Adapun instrument penelitian ini adalah tes, wawancara dengan mahasiswa, dan dokumentasi.

Dan Adapun bentuk kesalahan yang ada yaitu terdiri atas kesalahan wazan-wazan dan kesalahan makna baik pada tsulatsi mujarrod atau pada tsulatsi mazid yang tersebar pada 25 kata dan 6 kesalahan kata pada makna.

Dan sebab-sebab terjadinya kesalahan pada Mahasiswa semester 3 jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yaitu: (1) Sedikitnya pemahaman Mahasiswa terhadap kaidah bahasa, (2) Mahasiswa faham tentang teori dan makna-makna shorof tapi mereka belum begitu faham pada prakteknya, (3) Kurangnya latihan sendiri di luar proses pembelajaran. (4) Mahasiswa belum memahami dengan baik dan benar tentang shorof dan fungsinya beserta wazan-wazan shorof dalam pembelajarannya, (5) Mahasiswa masih bingung dan merasa kesulitan belajar kaidah shorof, (6) Tidak adanya keinginan dalam belajar kaidah bahasa Arab dan kurang motivasi untuk mempelajarinya.

ENGLISH:

On the pocess of studying Arabic language teacher must teach language elements and student must study language elements be goodly for the purpose of Arabic language can be realized. Until now the Arabic language have not really success in the learning. One of the studying Arabic language problem happens in reading ability that is students difficulty in using grammatical of morphology. The researcher used the errors analysis as approach to know the errors of knowledge and used wazan morphology and understanding the meaning of the text reading in students department of Arabic language education in the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang.

The questions of this research are 1) What is the type of errors morphology in ability reading of students of Arabic Education Department in the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang?, 2) What is the factor of the errors morphology in ability reading of students of Arabic Education Department in the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang?.And the purpose of this research are 1) To know the type of errors morphology in ability reading of students of Arabic Education Department in the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang, 2) To know the factor of the errors morphology in ability reading of students of Arabic Education Department in the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang.

The methodology used in this researc his descriptive analysis method with a qualitative approach. And measures the error analysis which consists of knowing the error, classification and describtion, interpretation and explain the factor ofthese errors. The instruments of this study is the test, interviews with students, and documentation.

And the type of errors which consists errors of wazan- wazan and errors of meaning on tsulatsi mujarrod or on tsulatsi mazid spread on 25 words and 6 errors on the meaning of the word.

And factors of the errors in students of 3 semester Arabic Education Departmen in the State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang are: (1) At least understanding Students of the grammar of the language, (2) Students understand the theory and meanings shorof but they have not so understand in practice, (3) Lack of exercise it by self outside the learning process, (4) Students are not familiar with good and right about morphology and the functions and about wazan-wazan of morphology in learning, (5) Students are still confused and feel it so difficult to learn the grammar of morphology, (6) Lack of desire to learn the grammar of the Arabic language and the lack of motivation for learn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Daroini, Slamet
Keywords: Analisis Kesalahan; Shorof; Errors Analysis; Morphology
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 06 Dec 2016 10:54
Last Modified: 06 Dec 2016 10:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item